oleh

Lupa Membaca Doa Saat Makan? Bacalah Doa Ini!

PortalMadura.Com – Islam sungguh indah. Sampai-sampai ketika makanan tersajikan dan hendak disantap, Islam memiliki aturan di dalamnya. Ini semua dilakukan agar ada keberkahan ketika makan. Di antara adab sederhana yang diajarkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika makan adalah membaca “bismillah”.

Saat dalam kondisi yang lapar mungkin sebagian dari kita ada yang terburu-buru sekali saat mengambil makan. Akibatnya ada kelalain yang dilakukan, yaitu lupa membaca doa ketika hendak menyantap makanan tersebut. Padahal patut diketahui bahwa di awal makan kita diperintahkan untuk membaca bismillah atau “Allahumma baarik lanaa fii maa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar, bismillah”.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Dilansir dari laman Islami.Co, Rabu (12/8/2020), bacalah doa ini ketika Anda lupa membaca doa sewaktu makan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Apabila kalian makan, hendaklah menyebut nama Allah (baca basmallah). Bila lupa membaca basmallah, ucapkanlah ‘Bismillahi Awwalahu wa Akhirahu’” (HR: Abu Daud dan al-Tirmidzi)

Hadis ini menunjukan Rasulullah meminta agar umatnya membaca basmallah sebelum makan. Kalau lupa membaca basmallah, seketika ingat dianjurkan membaca, “Bismillahi Awwalahu wa Akhirahu (Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhir)”.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar