Lupa Membaca Doa Saat Makan? Bacalah Doa Ini!

Avatar of PortalMadura.com
Lupa Membaca Doa Saat Makan? Bacalah Doa Ini!
Ilustrasi (umma.id)

PortalMadura.Com – Islam sungguh indah. Sampai-sampai ketika makanan tersajikan dan hendak disantap, Islam memiliki aturan di dalamnya. Ini semua dilakukan agar ada keberkahan ketika . Di antara adab sederhana yang diajarkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika makan adalah membaca “bismillah”.

Saat dalam kondisi yang lapar mungkin sebagian dari kita ada yang terburu-buru sekali saat mengambil makan. Akibatnya ada kelalain yang dilakukan, yaitu lupa membaca doa ketika hendak menyantap makanan tersebut. Padahal patut diketahui bahwa di awal makan kita diperintahkan untuk membaca bismillah atau “Allahumma baarik lanaa fii maa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar, bismillah”.

Dilansir dari laman Islami.Co, Rabu (12/8/2020), bacalah doa ini ketika Anda lupa membaca doa sewaktu makan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Apabila kalian makan, hendaklah menyebut nama Allah (baca ). Bila lupa membaca basmallah, ucapkanlah ‘Bismillahi Awwalahu wa Akhirahu'” (HR: Abu Daud dan al-Tirmidzi)

Hadis ini menunjukan Rasulullah meminta agar umatnya membaca basmallah sebelum makan. Kalau lupa membaca basmallah, seketika ingat dianjurkan membaca, “Bismillahi Awwalahu wa Akhirahu (Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhir)”.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.