Luruskan Rambut Keriting dengan 5 Cara Aman Ini

  • Bagikan
Luruskan Rambut Keriting dengan 5 Cara Aman Ini
Ilustrasi (Liputan6.com)

PortalMadura.Com – Mempunyai jenis rambut keriting seringkali membuat merasa cepat bosan. Oleh karena itu terkadang ingin mengganti model rambut menjadi lurus. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan hair styling tools atau alat pemanas.

Meluruskan rambut keriting dengan menggunakan alat pemanas tentunya harus dilakukan dengan beberapa cara. Agar kesehatan rambut tetap terjaga dan terlihat lebih lembut. Lantas, apa saja cara yang bisa dilakukan untuk meluruskan rambut keriting dengan aman?

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com, berikut ini penjelasannya:

Selalu Melembapkan Rambut

Rambut keriting bisa kering secara alami dan cenderung kasar sehingga sangat penting untuk menambahkan kelembapan dengan menggunakan produk perawatan rambut.

Gunakan bahan-bahan alami yang dapat memberikan kelembapan pada rambut seperti minyak kelapa, minyak jarak, minyak almond, lidah buaya, susu, dan minyak kedelai secara rutin.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kondisioner tanpa bilas untuk menjaga rambut tetap terkendali pada saat diluruskan.

Jangan Lupakan Heat Protector

Semua jenis rambut memerlukan heat protector untuk menjaga kesehatan rambut dari alat panas yang digunakan. Rambut keriting yang cenderung lebih rentan terhadap kekeringan dan kerusakan memerlukan pelindung tambahan untuk menjaga rambut.

Alat panas yang digunakan dapat membuat rambut menjadi lebih mudah untuk diluruskan, tetapi Anda tetap harus memperhatikan perawatan lanjutan dengan menggunakan heat protector atau kondisioner tanpa bilas.

Keringkan Rambut Sebelum Menata

Orang-orang yang memiliki rambut lurus terkadang membiarkan rambut yang basah untuk mengering dengan sendirinya sebelum menggunakan alat panas untuk menata rambut.

Untuk yang memiliki rambut keriting, sangat penting untuk benar-benar memastikan bahwa rambut sudah kering sebelumnya.

Gunakan sisir denga bulu sikat yang lebar atau tooth wide bomb untuk membantu mengatur rambut agar lebih cepat untuk kering.

Gunakan Pengaturan Panas Serendah Mungkin

Rambt keriting kering secara alami memiliki bentuk serat rambut yang tidak rata, sehingga rambut akan lebih rapuh dibandingkan dengan rambut lurus alami.

Untuk melindungi rambut yang keriting dari kerusakan dan pengeringan yang berlebihan, sangat penting untuk menggunakan pengaturan panas yang rendah pada catokan yang digunakan.

Mungkin meluruskan rambut akan terasa lebih lama karena menggunakan suhu panas yang rendah, tetapi alangkah baiknya untuk melakukan hal ini agar rambut tidak menjadi kering.

Kunci Rambut Lurus dengan Hairspray

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mempertahankan bentuk lurus pada rambut adalah menguncinya dengan menggunakan hairspray. Sebagai sentuhan terakhir, semprotkan sedikit hairspray pada rambut dan pastikan untuk tidak disemprotkan secara berlebihan untuk menghindari rambut yang kaku dan terlihat keras.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meluruskan rambut yang keriting. Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan untuk melembapkan rambut agar tidak kering setelah di catok, ya!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.