oleh

Mahasiswa Baru Perlu Tahu, 4 Persiapan Kuliah Saat Masa Pandemi

PortalMadura.Com – Sebentar lagi tahun ajaran baru akan di mulai, namun tahun kali ini tidak sama dengan tahun- tahun sebelumnya karena situasi pandemi yang masih tak kunjung usai. Situasi perkuliahan memang belum dapat di pastikan, namun segala persiapan harus tetap diupayakan secara maksimal.

Nah, apa saja persiapan untuk kuliah di masa pandemi? Apa saja perlengkapan kuliah mahasiswa baru yang perlu Anda perhatikan dari sekarang? sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman Akupintar.id, Kamis (25/2/2021) inilah hal hal yang perlu Anda persiapkan untuk kuliah saat masa pandemi:

Selamat Ibadah Puasa

Laptop

Benda ini sudah seperti barang wajib bagi mahasiswa, selain sebagai benda untuk mengerjakan tugas, benda ini juga akan membantuAnda dalam mengakses berbagai referensi untuk bahan materi perkuliahan. Apalagi saat pandemi seperti sekarang ini yang mengharuskan serba jarak jauh, maka keberadaan benda yang satu ini menjadi lebih penting lagi.

Smartphone

Apa yang membuat benda ini menjadi penting di miliki oleh calon mahasiswa baru? jawabannya karena benda ini dapat membantu berbagai urusan Anda dalam mengakses berbagai informasi secara mudah, seperti, mengecek jadwal perkuliahan, menghubungi teman kuliah atau dosen, memeriksa deadline tugas dan lainnya. Hendaknya Smartphone yang anda gunakan adalah Smartphone yang memiliki kapasitas sedang dan cukup untuk mengakses berbagai aplikasi virtual yang biasa di gunakan saat pandemi.

Backup Data

Untuk yang satu ini penting sekali untuk sarana jaga jaga, setidaknya sedia payung sebelum hujan, jangan sampai Anda kehilangan data data perkuliahan karena itu akan membuat Anda kewalahan. Peralatan kuliah yang Anda perlukan dalam hal ini bisa berupa flash disk atau external hard disk dan cloud storage. Apapun pilihan Anda yang terpenting dapat mengamankan berbagai data Anda.

Buku Referensi

Entah kuliah jarak jauh atau tidak yang namanya buku-buku referensi tetap di perlukan, sebenarnya untuk hal ini Anda bisa mendapatkannya di perpustakaan kampus, berhubung masa pandemi dan perkulihan di lakukan secara jarak jauh, maka hendaknya mahasiswa baru perlu menyiapkannya sendiri dengan cara pesan online atau mengaksesnya di internet berupa e-book atau jurnal-jurnal ilmiah.

Selain benda-benda di atas sebenarnya masih banyak lagi hal-hal yang perlu di persiapkan untuk menjadi mahasiswa baru di masa pandemi ini sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda harus lebih siap mental untuk menjalani perkuliahan online saat harus beradaptasi dengan model perkuliahan di kampus yang pastinya jauh berbeda dengan model pembelajaran di sekolah.

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : akupintar.id

Komentar