oleh

Mahasiswa Membangun Desa, Unija Lakukan MoU dengan Camat Gapura

PortalMadura.Com, Sumenep – Universitas Wiraraja (Unija) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melakukan kerja sama dengan pihak Kecamatan Gapura, Sumenep.

Penandatanganan dokumen MoU (Memorandum of Understanding) atau nota kesepahaman itu dilakukan Rektor Unija Sumenep Sjaifurrachman dan Camat Gapura, Abd Kahir.

“Tujuan kami, mahasiswa membangun desa. Maka, MoU itu kami tandatangani dengan pak Camat Gapura,” terang Rektor Unija Sumenep, Sjaifurrachman, Senin (2/3/2020).

Dokumen MoU (Memorandum of Understanding) atau nota kesepahaman tersebut sudah ditandatangani pada Jumat (28/2/2020).

Sjaifurrachman menjelaskan, MoU yang dilakukan itu dalam usaha peningkatan sumber daya manusia dan menjadi sasaran Unija. “Ada tujuh desa yang menjadi desa binaan kami,” sebutnya.

Dari MoU itu diharapkan desa-desa yang belum menjadi desa maju, nantinya menjadi desa mandiri. “Ini tindak lanjut dari kebijakan pemerintah di bidang pendidikan, di mana kampus merdeka dan merdeka belajar,” ujarnya.

Wujud dari program tersebut, mahasiswa akan melakukan pengabdian di desa-desa yang menjadi sasaran binaan Unija.

“Mahasiswa melaksanakan tugas dari program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Lamanya, dua pekan untuk program dua Satuan Kredit Semester (SKS),” jelasnya.

Ke depan, Unija juga memprogramkan hingga 20 SKS sehingga dalam program magang mahasiswa di desa akan lebih lama.

“Karena program ini lama, maka perlu MoU dulu dengan pemangku kebijakan di daerah yang menjadi sasaran,” pungkasnya.(*)

Penulis : Hartono
Editor : Hartono
Tirto.ID
Loading...

Komentar