oleh

Makam Nyai Ageng Dewi Maduretno Desa Pocong, Pembuka Tabir Legenda Ke’ Lesab

Sedang Raden Yodo Nanggolo atau Yudo Nanggolo adalah sosok yang dekat dengan Nyai Ageng Dewi Maduretno. Pada nama yang menempel di tembok makam tertulis jika beliau adalah pengasuh Nyai Ageng Dewi Maduretno. Namun sayang, tidak ada cerita sedikitpun dari warga Desa Pocong perihal riwayat dan perjalanan hidup beliau.

Kedua makam tersebut termasuk satu dari sekian makam keramat yang ada di Desa Pocong. Dalam bahasa Madura, makam yang dikeramatkan dikenal dengan sebutan bhuju’. Tidak beda dengan makam sejenis di daerah lain. Keberadaan bhuju’ biasanya ditandai oleh adanya bangunan penutup atau pelindung.

Ubah Kesan Seram Makam

Suasana sekitar makam keramat yang kini terlihat bersih dan tertata berkat kerja keras Mohamad Abdurrohman. (Foto: Agus Hidayat)
Suasana sekitar makam keramat yang kini terlihat bersih dan tertata berkat kerja keras Mohamad Abdurrohman (Foto: Agus Hidayat)

Lokasi kedua makam keramat terpisah dari rumah penduduk. Di sekitarnya terdapat puluhan makam lain, yang konon jasad para pengikut Nyai Ageng Dewi Maduretno. Untuk sampai ke makam istri selir Panembahan Sedhomukti tergolong mudah. Dari persimpangan usai melewati gapura desa, pilih arah ke kiri, lalu belok ke kanan. Terdapat penunjuk yang mengarahkan perjalanan ke makam bercungkup.

Loading...

Hingga setahun lalu area sekitar makam kurang tertata. Jalan menuju makam terhalang oleh lebatnya pepohonan serta rumput liar. Meski telah mengetahui makam ini, warga Desa Pocong tidak berani melintas, terlebih datang untuk berziarah. Suasana sepi berbalut kesan menyeramkan yang membuat mereka lebih memilih jalan lain meski jarak tempuh lebih jauh.

Kemudian datanglah …

Halaman: 1 2 3 4 5 6 7 8 9

Penulis : Agus Hidayat
Editor : Putri Kuzaifah

Komentar