Makna Iduladha dan Hakekat Kurban

Avatar of PortalMadura.com
    Bagikan:

PortalMadura.Com, Sumenep – Warga muslim di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur merayakan Iduladha pada Jumat (31/7/2020).

Salah satunya berlangsung Salat Iduladha di Masjid Jamik Keraton Sumenep, Jl. Trunojoyo denghan imam salat, KH Moh. Saleh dan khatib, KH. Drs. Wasik Adnan.

Dalam Khotbahnya, Wasik Adnan menyampaikan, bahwa Iduladha merupakan momentum yang sangat istimewa untuk syiar Islam.

Pada waktu yang bersamaan, umat Islam sedang melaksanakan rukun Islam yang kelima dan di tempat lain merayakan Iduladha.

“Umat Islam mengumandangkan takbir, tahlil, dan tahmid dengan suara yang lantang dan keras penuh keyakinan, bahwa tidak ada yang lebih besar kecuali Allah,” katanya.

Ia menyampaikan, melaksanakan salat Iduladha dan berkurban, membuktikan ketaatan kepada Allah serta peduli kepada sesama yakni membantu dengan cara memberikan daging kurban pada warga lain.

Baca Juga:  Bupati Sumenep Apresiasi Perjuangan dan Prestasi Atlet di Ajang Porprov Jatim

“Itu mengingatkan kita pada peristiwa besar yang menimpa Nabi Ibrahim AS yang mendapat perintah menyembelih putranya Nabi Ismail AS. Allah sungguh Maha Mengetahui atas rahasia ini,” katanya.

Peristiwa itulah yang menjadi syariat Islam untuk mengorbankan sebagian harta berupa hewan kuban yang dagingnya diberikan pada warga kurang mampu. “Itu bentuk berjihat dengan cara berkuban di jalan Allah,” ujarnya.

“Itulah makna Iduladha dan hakekat kurban,” tandasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.