oleh

Ini Waktu Berjemur yang Baik Di Bawah Sinar Matahari

PortalMadura.Com – Berjemur membuat badan menjadi sehat. Pagi hari dianggap sebagai waktu yang paling tepat untuk berjemur di bawah sinar matahari. Di waktu inilah, banyak orang meyakini bisa mendapatkan asupan vitamin D gratis secara alami.

Dilansir dari laman Merdeka.Com, Rabu (29/7/2020) ini adalah waktu terbaik berjemur di bawah sinar matahari.

Untuk berjemur di bawah sinar matahari, sebaiknya di bawah pukul 9 ketika sinar ultaviolet B (UVB) dari matahari terbentuk sempurna, yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

UVB mempunyai manfaat besar karena mengandung vitamin D yang dibutuhkan tulang. Vitamin D alami dari matahari ini melindungi tulang dari pengeroposan dan membuat tulang sehat.

iklan 2

Sinar UVB matahari juga dapat merangsang sel-sel kulit untuk memproduksi vitamin D. Anda tidak perlu suplemen vitamin D, seperti obat-obatan atau vitamin untuk pertumbuhan tulang.

Sebaiknya saat berjemur tidak boleh terlalu lama. Waktu berjemur bisa 10-15 menit di atas pukul 9. Namun, di atas pukul 11, lama waktu berjemur cukup 3 menit.

Bagian tubuh yang dianjurkan untuk terkena paparan sinar matahari UVB meliputi tangan, lengan, wajah, punggung, dan kaki.

Berjemur di bawah sinar matahari memang dapat memberikan berbagai manfaat yang baik bagi tubuh. Akan tetapi, Anda perlu mengetahui waktu berjemur yang baik jam berapa dan cara melakukannya dengan aman sehingga manfaat berjemur di bawah sinar matahari didapatkan secara optimal.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar