oleh

Malam Ini, Jangan Lewatkan Fenomena Langka Bulan Biru, 22 Agustus 2021

PortalMadura.Com – Fenomena langka akan terjadi malam ini, Minggu 22 Agustus 2021 berupa Bulan Biru atau Blue Moon.

Peristiwa yang bertepatan dengan malam bulan purnama di bulan Muharram (hijriyah) ini, dapat disaksikan sejak pukul 18.00 WIB.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

“Fenomena Bulan Biru bisa disaksikan di seluruh Indonesia. Sejak terbenam matahari hingga sebelum terbit matahari keesokan harinya,” kata Peneliti di Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Andi Pangerang, dikutip portalmadura.com, dari laman Kompas.com, Sabtu (21/8/2021).

Andi menjelaskan, terdapat dua definisi yang berbeda mengenai Bulan Biru, yakni Bulan Biru Musiman (Seasonal Blue Moon), yakni bulan purnama ketiga dari salah satu musim astronomis yang di dalamya terjadi 4 kali bulan purnama.

Kedua, Bulan Biru Bulanan (Monthly Blue Moon), yakni bulan purnama kedua dari salah satu bulan di dalam kalender Masehi yang di dalamnya terjadi 2 kali bulan purnama.

Purnama yang akan terjadi kali ini, kata dia, termasuk ke dalam Bulan Baru Musiman yang mempunyai arah Timur-Tenggara hingga Barat-Barat Daya.

Daerah yang berada pada lintang 1-2 derajat Lintang Utara, Bulan akan tepat di atas kepala ketika tengah malam.

Sedangkan purnama kali ini mempunyai nama lain Purnama Jagung Hijau (Green Corn Moon), Purnama Ceri Hitam (Black Cherry Moon), dan Purnama Terbang Tinggi (Flying Up Moon).

Bulan Biru Musiman terjadi setiap 2 atau 3 tahun sekali, dengan sebelumnya terjadi pada 19 Mei 2019 dan 22 Mei 2016, dan akan kembali terjadi pada 20 Agustus 2024 dan 20 Mei 2027.

Ia menjelaskan, dalam sebuah musim astronomis (yang ditandai oleh solstis ataupun ekuinoks) bisa terjadi 3 kali Bulan Purnama.

Sebab, durasi musim untuk musim gugur (belahan Utara) dan musim dingin (belahan Utara) rata-rata 89,5 hari.

Sedangkan durasi musim semi (belahan Utara) dan musim panas (belahan Utara) rata-rata 93 hari.(*)

Tonton Juga Live Blue Moon pukul 19.00 WIB, Minggu (22/8/2021). Lokasi Desa Juruan Laok, Kec. Batuputih, Sumenep, Madura, Jatim.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar