oleh

Malam Jumat Kliwon? Ternyata, Ini 7 Manfaatnya Bagi Umat Islam

PortalMadura.Com – Sebagian orang beranggapan bahwa malam jumat kliwon cendrung mengerikan, mencekam dan membuat bulu kuduk merinding. Padahal, menurut pandangan umat muslim malam ini merupakan malam yang istimewa. Sama seperti malam jumat biasa lainnya yang menjadi malam paling utama.

Pasalnya, orang yang meninggal pada saat malam jumat kliwon atau malam jumat biasa pertanda kalau orang itu merupakan orang baik yang akan terbebas dari ancaman siksa kubur. Selain itu, ada juga beberapa manfaat lain tentang malam jumat kliwon yang perlu Anda ketahui, berikut penjelasannya:

Hari Keberkahan
Setiap hari Jumat, kaum muslimin berkumpul bersama-sama di masjid untuk mengikuti salat dengan mendengarkan 2 khutbah Jumat sebelumnya. Khutbah ini berisikan pengarahan, pengajaran, dan nasihat bagi kaum muslimin yang memiliki manfaat agama dan dunia serta untuk lingkungan sekitarnya. Bagi keluarga, orang tua, teman, dan sahabat. Menurut Ibnu Qayyim al-Jauziyyah rahimahullah bahwa hari jumat memiliki 33 keutamaan, sedangkan Imam as-Suyuthi menyebutkan ada 1001 keistimewaan pada hari jumat.

Hari Dikabulkannya Doa
Menurut kaum muslim, hari Jumat memiliki kerahasiaan utama yaitu adalah hari dimana hari itu mempunyai waktu-waktu dikabulkannya doa-doa, bagi umat muslim yang datang melakukan salat dan memohon sesuatu kepada Allah, maka permintaannya akan dikabulkan. Selain itu, pada hari jumat terdapat waktu mustajab apabila terdapat seorang hamba muslim melaksanakan salat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, maka Allah akan mengabulkannya.

Hari Pembeda Antara Islam dan Non-Muslim
Hari jumat adalah hari yang istimewa bagi umat muslim. Selain itu, hari jumat diberikan Nabi untuk membedakan harinya orang Yahudi maupun orang Nashrani. Menurut umat muslm, Allah telah memalingkan orang-orang yang sebelumnya untuk menjadikan hari jumat sebagai hari raya mereka. Allah kemudian membimbing umat muslim untuk menjadikan hari jumat sebagai hari raya mereka sehingga hari jumat dijadikan oleh Allah sebagai hari raya secara berurutan yaitu, jumat, sabtu, dan minggu atau yang disebut umat muslim hari ahad.

Hari Dimana Allah Akan Menampakkan Diri
Disebutkan dalam sebuah riwayat bahwa pada hari jumat Allah menampakkan diri kepada hamba-hamba Nya yang beriman di Surga. Dalam kitab umat muslim pun terdapat ayat yang mengatakan “Allah menampakkan diri kepada mereka setiap hari jumat” (QS.50:35). Dan dari Anas bim Malik mengomentari ayat mengatakan “Dan kami memiliki pertambahannya”.

Amalan Mulia
Allah mengkhususkan hari jumat bagi kaum muslimin bagi seluruh kaum muslimin yang berada diseluruh dunia untuk menuaikan ibadah salat. Untuk mengucapkan syukur kepada Allah dan memanjatkan doa-doa serta merayakan hari raya umat muslim sepekan. Hari jumat juga dipercayai hari dimana dikabulkannya doa-doa umat muslim yang datang bersujud kepada Allah sambil memanjatkan doanya kepada Allah. Selain itu, hari jumat adalah hari yang paling mulia yang diberikan oleh Allah bagi umatnya untuk beribadah.

Di antara amalan dan doa pada hari jumat antara lain; mandi sunnah, waktunya dari terbit fajar hingga matahari terbenam dan yang paling utama menjelang matahari terbenam. Ziarah ke kuburan orang-orang mukmin khususnya kedua orang tua. Karena Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata:

“Ziarahlah kalian ke kuburan pada hari jumat, karena mereka mengetahui orang yang datang kepada mereka dan mereka bahagia”. Amalan dan doa-doa ini di ajarkan dan di contohnya oleh Rasulullah saw dan keluarganya.

Hari Dihapuskannya Dosa-dosa
Rasulullah saw bersabda: “Siapa yang mandi pada hari jumat, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi diantara dua orang untuk dilewatinya, kemudian salat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua jumat” (HR. Bukhari).

Hari Dimana Orang yang Wafat Dibebaskan Dari Fitnah
Rasulullah bersabda : “Setiap muslim yang mati pada siang hari jumat atau malamnya, niscaya Allah akan menyelamatkannya dari fitnah kubur”. Umat muslim percaya bahwa jika ada orang yang mati pada hari jumat, maka orang itu akan diampuni dosanya dan masuk surga serta dirinya akan diselamatkan dari siksa kubur.

Jadi sebenarnya hari malam jumat kliwon yang disebut keluarnya setan, jin, genderuwo, kuntilanak, pocong, dan sebagainya hanyalah sebuah mitos. Mitos ini dibuat-buat oleh orang lain yang biasanya digunakan untuk menakut-nakuti anak-anak kecil agar tidak bermain pada malam hari.

Dan yang benar adalah hari jumat adalah hari yang memiliki arti yang sangat istimewa bagi umat muslim karena hari jumat merupakan hari raya bagi mereka. Banyak sekali hadis-hadis yang menjelaskan keutamaan hari jumat dibandingkan dengan hari-hari yang lainnya. Sedekah pada hari jumat juga lebih utama dibanding sedekah pada hari hari lainnya. Wallahu A’lam(manfaat.co.id/Lala)


Tirto.ID
Loading...

Komentar