oleh

Malaysia Catat Peningkatan Kasus Sporadis dan Kematian Covid-19

PortalMadura.Com – Otoritas Kesehatan Malaysia menyampaikan negaranya sedang mengalami tren peningkatan kasus Covid-19 dan kematian akibat infeksi virus, terutama setelah 1 April.

Direktur Jenderal Kesehatan Noor Hisham Abdullah mengatakan situasi ini sangat mengkhawatirkan karena mayoritas kasus baru dan kematian bersifat sporadis.

Noor Hisham mengatakan kasus sporadis berarti kasus yang terdeteksi dalam sebuah komunitas dan tidak terkait dengan kasus atau kelompok yang ada.

“Kementerian Kesehatan mengimbau masyarakat untuk menyikapi situasi ini dengan serius karena penyebaran Covid-19 di masyarakat termasuk di pusat perbelanjaan, tempat kerja dan sebagainya,” ucap dia dalam pernyataannya pada Minggu malam (6/6/2021).

“Mereka perlu memahami bahwa siapa pun dapat terinfeksi Covid-19 di mana pun mereka berada. Akibatnya, kita dapat melihat peningkatan kasus sporadis dan kematian di dalam masyarakat,” terang Noor Hisham.

Noor Hisham mengatakan berdasarkan analisis, selama pekan epidemiologi ke-22 hingga 5 Juni tercatat ada 52.040 kasus baru dan 84,3 persen di antaranya adalah kasus sporadis.

“Ini menunjukkan peningkatan yang nyata dari 8.968 kasus baru dengan 52 persen di antaranya kasus sporadis pada pekan ke-13 epidemiologi atau hingga 3 April,” kata dia.

Noor Hisham juga mencatat, kumulatif kasus kematian Covid-19 juga meningkat dari pekan ke pekan, yakni dari pekan ke-22 epidemiologi dengan tercatat 641 kasus termasuk 559 kasus sporadis dibandingkan 35 kematian termasuk 26 kasus sporadis pada pekan epidemiologi ke-13 atau sampai 3 April.

“Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap situasi ini adalah munculnya varian baru virus di dalam komunitas dengan tingkat infeksi dan kematian yang lebih tinggi, selain penyebaran Covid-19 yang lebih luas di dalam komunitas dibandingkan dengan pekan epidemiologi sebelumnya,” terang dia.

Noor Hisham mengatakan masyarakat harus terus konsisten dalam mematuhi standar operasional prosedur (SOP) antara lain untuk tetap di rumah dan hanya keluar jika diperlukan.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : AA

Komentar