oleh

Manfaat Akar Maca Untuk Kesehatan Tubuh Anda

PortalMadura.Com – Maca (Lepidium meyenii) adalah salah satu jenis tanaman herbal yang banyak tumbuh di pegunungan Andes, Amerika Selatan. Tak hanya daunnya yang bisa dikonsumsi dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh, bagian akarnya telah lama dimanfaatkan masyarakat untuk kesehatan.

Akar maca biasanya dikonsumsi dalam bentuk serbuk, kapsul, atau ditambahkan ke dalam minuman. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Senin (8/3/2021), berikut manfaat akar maca untuk kesehatan tubuh:

Selamat Ibadah Puasa

Menambah Gairah Seksual

Mengonsumsi akar maca sebagai teh herbal atau suplemen dapat meningkatkan gairah dan performa seksual pria. Manfaat ini dapat diperoleh setelah akar maca dikonsumsi dalam waktu kurang lebih 6 minggu.

Meningkatkan Kesuburan

Selain menambah gairah seksual, konsumsi akar maca secara rutin dipercaya dapat meningkatkan kualitas, volume, konsentrasi, dan pergerakan sperma. Hal ini menjadikan akar maca bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan pria.

Meredakan Menopause Wanita

Konsumsi akar maca bisa bermanfaat untuk meringankan gejala-gejala menopause yang muncul. Kandungan kalsium dalam akar maca juga baik untuk menjaga kekuatan tulang dan menurunkan risiko terjadinya osteoporosis yang sering dialami oleh wanita setelah menopause.

Meningkatkan Daya Ingat

Akar maca sudah dikonsumsi secara turun-temurun untuk menjaga fungsi dan kesehatan otak serta meningkatkan memori dan daya konsentrasi. Ini diduga berkat kandungan antioksidan dan beragam nutrisi pada akar maca yang baik untuk otak.

Melawan Radikal Bebas

Akar maca merupakan salah satu tanaman yang kaya akan kandungan antioksidan. Akar maca mampu melindungi sel-sel tubuh dari efek paparan radikal bebas yang dapat memicu berbagai penyakit, seperti kanker.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com
Tirto.ID
Loading...

Komentar