6 Manfaat Positif Anak Bermain Stiker

    Bagikan:

PortalMadura.Com – Stiker memiliki banyak variasi. Mulai dari variasi warna hingga bentuk, ada yang bentuk hewan, bentuk hati, bulat, ada yang bertekstur, ada yang besar, ada yang kecil dan ada yang berbulu. Rasanya tidak ada anak balita yang tidak suka dengan stiker. Anak-anak biasanya akan langsung tenang dan fokus saat bermain stiker. Stiker bisa menjadi alat bermain dan belajar yang menyenangkan bagi anak-anak.

Ada banyak manfaat positif saat anak diberikan kebebasan bermain stiker. Dilansir dari laman Popmama.Com, Kamis (27/8/2020) berikut ini manfaat penting anak bermain stiker.

Mengasah Fokus dan Konsentrasi

Ketika anak bermain stiker, ia akan cenderung langsung tenang dan fokus saat bermain dengan stiker. Mereka akan duduk tenang sambil fokus memerhatikan dan membuka stiker.

Jika anak baru belajar membuka stiker, hal ini akan menjadi hal yang paling serius. Mereka bisa fokus lama untuk mencari tahu bagaimana caranya melepas stiker dan kembali menempelkannya tanpa harus melekat di jari mereka. Sehingga mereka bisa berlatih rentang konsentrasi. Semakin sering bermain, semakin lama rentang konsentrasi yang terlatih.

Baca Juga:  Paud Budi Luhur Paberasan Perkuat Visi Misi Bupati Sumenep

Melatih Motorik Anak

Saat bermain stiker, motorik halus mereka terasah dengan baik. Proses melepas stiker tersebut membutuhkan kordinasi mata dan tangan yang baik. Jemari kecil mereka harus bergerak dengan tepat untuk bisa mengambil stiker dari tempatnya.

Kegiatan seperti ini sangat penting bagi anak yang masih kesulitan dengan motorik halusnya. Otot tangan di jemari dan lengan terlatih dan membantu anak dalam proses belajar di kemudian hari.

Memperluas Imajinasi Anak

Stiker polos warna-warni yang sering berbentuk lingkaran membantu mereka melatih imajinasi. Dari stiker bulat tersebut, anak bisa membuat aneka bentuk. Sehingga mereka bisa menceritakan mengenai apa yang telah dibuat.

Saat memberikan kesempatan pada anak untuk menjabarkan imajinasinya, ia bisa sekaligus berlatih narasi dan menyusun kalimat. Memberikan perhatian penuh saat ia bercerita adalah cara terbaik membantunya untuk berimajinasi lebih luas.

Belajar Mengenal Bentuk dan Warna

Stiker untuk media belajar biasanya berbentuk lingkaran, bintang, kotak, dan sejenisnya. Selain itu, stiker juga tersedia dalam aneka warna.

Tidak hanya belajar motorik, namun ia bisa sekaligus mengenal bentuk dan warna. Anda bisa menyusun stiker aneka warna dan memintanya untuk menempelkan stiker yang berwarna sama. Hal ini juga bisa dilakukan untuk belajar mengenal bentuk.

Baca Juga:  Paud Budi Luhur Paberasan Perkuat Visi Misi Bupati Sumenep

Meningkatkan Kepercayaan Dirinya

Saat mereka bisa menyelesaikan sesi bermain dengan stiker dan berhasil membentuk sesuatu, tentu ada rasa puas yang dirasakan.

Saat itulah rasa kepercayaan dirinya tumbuh. Ia merasa mampu menyelesaikan sesuatu dengan hasil yang terbaik. Memberikan reaksi positif bisa membantunya membangun rasa percaya diri anak.

Melatih Kesabaran dan Mengenal Stres

Jika pertama kali bermain stiker, anak cenderung tidak sabar dan mudah stress saat kesulitan melepas stiker, atau kesusahan saat ingin menempelnya. Saat menghadapi hal tersebut, Anda bisa menyelipkan pengertian tentang sabar. Juga memperkenalkan mereka dengan rasa stress.

Jadi mereka tidak bingung lagi dengan perasaan yang dialami. Selain itu, ia juga bisa berlatih kesabaran saat menemui kesulitan saat bermain stiker dan di saat lain.


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.