oleh

Resep Kue Clorot Gula Merah Enak Legit

PortalMadura.Com – Clorot merupakan jajanan khas Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Selain legit harum, jajanan ini juga punya kemasan yang unik dari daun kelapa.

Bentuk, isi dan rasanya yang manis gurih dan legit membuat pecinta kuliner merasa ketagihan dengan jajanan dulu yang bernama clorot. Clorot biasanya banyak dijajakan di pasar-pasar tradisional. Nama clorot yang aneh bagi sebagian besar orang justru semakin menambah penasaran seperti apa sebenarnya clorot itu.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Dilansir dari laman Cookpad.Com, Kamis (27/8/2020), berikut ini resep sederhana kue clorot yang enak legit:

Resep Kue Clorot

Bahan-bahan:

  • 125 gram tepung beras
  • 50 gram tepung tapioka/sagu tani/kanji
  • 400 ml santan kental
  • 175 gram gula merah
  • 2 helai daun pandan, ikat simpul
  • 1/4 sdt garam
  • Daun pisang atau janur secukupnya

Cara Membuat:

Pertama, campurkan santan, gula merah, daun pandan dan garam dalam panci. Masak sambil diaduk2 hingga mendidih. Kemudian dinginkan dan saring.

Selanjutnya, campurkan tepung beras dan tepung tapioka ke dalam baskom, kemudian tuang campuran santan dan gula merah lalu aduk hingga rata.

Setelah itu buat wadah kerucut dengan daun pisang atau janur, caranya ambil 1 lembar daun pisang ukuran 25 x 10, lalu gulung kerucut mengikuti arah garis melintang daun (jangan membujur, nanti robek).

Sematkan dengan lidi. Letakkan wadah kerucut ke dalam gelas stainless dengan posisi berdiri, kemudian isi dengan adonan. Lalu kukus kue selama 20 menit. Setelah matang sajikan di piring. Selamat mencoba Resep Kue Clorot Gula Merah Enak Legit.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar