oleh

Manfaat Cengkeh untuk Kecantikan

PortalMadura.Com – Selain kayu manis, cengkeh salah satu jenis rempah khas Indonesia yang biasa dimanfaatkan untuk obat herbal hingga kecantikan. Sekitar dua gram cengkeh mengandung energi sebesar 21 kalori, satu gram karbohidrat, dan serat tinggi. Cengkeh juga mengandung senyawa mangan, vitamin (C, E, dan K), kalsium, magnesium, dan vitamin E.

Cengkeh memiliki ciri khas terletak pada wanginya yang harum. Namun, selain dijadikan sebagai rempah untuk makanan, cengkeh juga dapat diolah menjadi obat alami. Ternyata, cengkeh dapat dimanfaatkan untuk kecantikan, sampai mampu untuk membunuh bakteri jahat pada tubuh.

Manfaat Cengkeh untuk Kecantikan

Selengkapnya berikut ini manfaat cengkeh untuk kecantikan yang dilansir dari Popmama.Com, Selasa (15/09/2020).

Cengkeh Dapat Menghilangkan Lingkaran Hitam pada Mata

Cengkeh yang diolah menjadi minyak cengkeh adalah obat yang bagus untuk menghilangkan lingkaran hitam pada mata atau yang biasa disebut dengan mata panda.

Caranya cukup mudah, pertama masukkan 5-10 butir cengkeh utuh ke dalam wadah kaca yang tertutup bervolume 30 ml.

Jika menggunakan cengkeh bubuk, masukkan 1/4 cangkir cengkeh bubuk ke dalam wadah kaca yang tertutup bervolume 350 ml. Lalu tuangkan minyak zaitun ke dalam stoples hingga volumenya 2,5 cm melebihi cengkeh.

Setelah itu, tuangkan minyak zaitun perlahan-lahan hingga volumennya 2,5 cm melebihi cengkeh. Pastikan menutup wadah kaca dengan rapat sebelum mengocoknya 3-4 kali.

Biarkan cengkeh dan minyak zaitun selama 10-14 di tempat yang gelap dan pastikan tutupnya rapat untuk menghindari kontaminasi. Setelah 10-14 hari, saring minyak cengkeh tersebut dan gunakan sesuai kebutuhan.

Cengkeh Dapat Mencegah Keriput pada Kulit

Noda dan guratan kulit bisa disebabkan banyak hal, mulai dari paparan debu dan kotoran dari luar maupun bekas luka yang mengering.

Untuk mendapatkan manfaat cengkeh bagi kulit, kamu bisa gunakan minyak dari ekstrak cengkeh untuk menghilangkan noda dan guratan keriput pada kulit.

Mengatasi Kulit Berminyak dengan Cengkeh

Tak hanya masalah jerawat, masalah kulit berminyak pun bisa diatasi dengan cengkeh. Hal ini disebabkan oleh kandungan cengkeh yang memiliki sifat astringent atau dapat mengurangi sifat berminyak berlebih dan mengencangkan pori-pori besar.

Untuk mengatasi kulit wajah berminyak dengan cengkeh, kamu cukup menuangkan 3 tetes minyak cengkeh ke dalam wadah. Gunakanlah kapas untuk mengoleskannya ke seluruh wajah. Namun sebelumnya, jangan lupa bersihkan wajahmu dengan toner terlebih dahulu.

Menyamarkan Bekas Luka dengan Cengkeh

Luka bekas jatuh atau kecelakaan biasanya butuh waktu cukup lama sampai benar-benar hilang. Nah, untuk menyamarkan bekas luka itu, coba oleskan minyak cengkeh secara rutin.

Karena, minyak cengkeh mengandung senyawa kimia eksfoliator yang dapat mengobati masalah kulit, termasuk menghilangkan bekas luka. Caranya, oleskan minyak cengkeh ke bagian kulit yang terdapat bekas luka.

Mencegah Rambut Rontok dengan Cengkeh

Manfaat cengkeh untuk rambut telah dibuktikan dengan banyaknya produk kondisioner rambut yang dibuat dengan bahan dasar dari cengkeh. Namun, Anda sebenarnya bisa mengaplikasikan cengkeh untuk mengatasi masalah rambut rontok dan membuat rambut lebih sehat.

Caranya mudah, Anda perlu mengolah cengkeh menjadi minyak rambut dan aplikasikan pada rambut sebagai kondisioner sehabis keramas. Lakukan treatment sederhana ini pada rambut rontok selama 5-15 menit.

Lalu, bilas hingga bersih. Selain mencegah kerontokan rambut, manfaat minyak cengkeh dipercaya efektif menghitamkan dan memperbaiki rambut kering.

Mengatasi Ketombe dengan Cengkeh

Selain dengan sampo anti ketombe, Anda juga bisa memanfaatkan minyak cengkeh sebagai cara mengatasi ketombe di kulit kepala.

Cara untuk menghilangkan ketombe adalah dengan menambahkan minyak cengkeh sebanyak 10 – 12 tetes ke dalam 250 ml sampo anti ketombe yang Anda gunakan.

Minyak Cengkeh untuk Dijadikan Parfum Afrodisiak

Tahukah Anda bahwa minyak cengkeh sebenarnya memiliki khasiat afrodisiak? Afrodisiak sendiri adalah zat yang mampu meningkatkan gairah seksual. Kamu bisa mencampurkannya dalam parfum favoritmu untuk mendapatkan aroma seksi.

Cukup campurkan 7 tetes minyak cengkeh pada parfum favorit, kemudian tutup botol dan kocok dengan baik untuk menggabungkan aroma keduanya. Setelah tercampur rata, semprotkan pada pakaian, ujung rambut, pergelangan tangan, tulang selangka, leher belakang, dan area penting lainnya untuk aroma yang sensual.

Rewriter : Muthmainnatul Lizamah
Sumber : popmama.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE