oleh

Manfaat dan Bahaya Olahraga di Malam Hari

PortalMadura.Com – Berolahraga saat ini menjadi pola hidup sebagian orang, bukan hanya untuk kebutuhan menjaga kesehatan tubuh. Jika Anda suka berolahraga setiap hari, dan terbiasa berolahraga pada malam hari.
Maka ada yang harus Anda perhatikan mengenai kelebihan dan kekurangan olahraga di malam hari. Dilansir dari Klikdokter.com Kamis, (30/4/2020).

Kelebihan Olahraga di Malam Hari

Mampu Menghilangkan Kepenatan

Berolahraga secara teratur mampu menghilangkan kepenatan dan stress akibat lelah bekerja seharian. Olahraga yang bisa Anda lakukan seperti berlari, angkat beban, bersepeda, dan olahraga lainnya.

Mendapatkan Performa Terbaik

Berolahraga pada malam hari, jumlah kalori yang dibakar bisa sama dengan malam hari. Ini bergantung dari kebiasaan Anda dan energi yang Anda miliki untuk lebih maksimal dalam berolahraga di malam hari.

Mengenali tubuh dengan baik sangat dibutuhkan untuk menentukan waktu yang tepat dalam berolahraga, jika sore atau malam hari adalah waktu terbaik yang tubuh Anda miliki, jangan ragu untuk berolahraga ketika matahari tenggelam.

Tidak Terburu-buru

Di waktu malam hari, Anda tidak akan merasa dikejar-kejar aktivitas lain. Berolahraga di malam hari jauh lebih bermanfaat daripada berdiam diri menonton televisi.

Menghindari Kebiasaan Tidak Sehat

Olahraga yang dilakukan di malam hari bisa mengubah kebiasaan tidak baik Anda, seperti mengkonsumsi camilan sambil menonton televisi. Setidaknya, Anda membakar kalori untuk mencapai tubuh yang ideal.

Metabolisme Tubuh Lebih Siap

Bagi kebanyakan orang, suhu tubuh naik antara siang sampai menjelang malam hari. Kondisi otot juga lebih fleksibel dan kekuatan berada pada puncaknya. Ini dianggap tubuh Anda lebih siap untuk melakukan olahraga yang lebih produktif.

olahraga dimalam hari ternyata bisa sama baiknya dengan olahraga di malam hari. Namun ada juga kekurangan olahraga di malam hari. Beberapa akibat olahraga malam hari yang mungkin Anda alami, antara lain:

Kekurangan Olahraga di Malam Hari

Menunda Olahraga Karena Kepentingan Lain

Pada waktu malam hari, ada kalanya Anda memiliki acara dengan keluarga atau dengan teman. Hal ini yang bisa menjadi penghalang untuk Anda berolahraga. Jika Anda memiliki kebiasaan beraktivitas di malam hari seperti, berkumpul dengan teman maka jadwal olahraga malam Anda akan terganggu.

Mengurangi Variasi Jenis Olahraga

Olahraga dimalam hari bisa menjadi penghalang bagi Anda untuk melakukan variasi jenis olahraga. Hal ini bisa disebabkan karena kurangnya penerangan sehingga olahraga seperti bersepeda, lari, sepak bola, tenis dan lain-lain tidak bisa Anda lakukan.

Gangguan Pola Tidur

Metabolisme dalam tubuh akan meningkat apabila Anda berolahraga dimalam hari. Ini akan membuat Anda kesulitan untuk tidur atau insomnia. Olahraga dimalam hari dengan beban yang berat akan membuat badan Anda terasa sakit dan mengganggu tidur Anda. Sebaiknya, lakukan olahraga yang ringan dan berikan waktu pendinginan untuk badan Anda.

Kesempatan Bersosialisasi Berkurang

Waktu bertemu Anda dengan orang lain akan terganggu karena Anda lebih memprioritaskan berolahraga untuk mencapai berat badan yang ideal. Sebaiknya seimbangkan antara olahraga dengan hubungan sosial.

Sudah Kehabisan Energi

Kemungkinan kehilangan energi di waktu pagi hari bisa terjadi, karena energi Anda sudah dihabiskan berolahraga di malam hari.

Anda sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan olahraga malam hari.Sebaiknya Anda memilih waktu yang tepat untuk olahraga agar tidak mengganggu aktivitas yang lain. (*)

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : klikdokter.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar