Manfaat Daun Dewa Untuk Kesehatan

Avatar of PortalMadura.com
Manfaat Daun Dewa Untuk Kesehatan
Ilustrasi (telisik.id)

PortalMadura.Com – Sebagian orang masih belum mengenal (Gynura Procumbens) ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Di Indonesia, daun tanaman ini sering kali dijadikan sebagai jamu.

Masyarakat China menyebutnya Samsit. Tinggi tanaman ini sekitar 30-40 cm, merupakan tumbuhan tegak, batang daun pendek lunak berbentuk segi lima, dengan penampang berbentuk lonjong dan berambut pada sisi luar.

Pohon ini memiliki panjang 20 cm, lebar 10 cm, dengan tangkai pendek, bulat lonjong berdaging, berbulu halus, ujung daunnya lancip, bertoreh pada tepi daun serta warna hijau keunguan.

Tumbuhan yang disebut Samsit oleh orang cina ini juga memiliki bunga majemuk yang tumbuh di ujung batang, berkelopak hijau berbentuk cawan, dan benang sari berwarna kuning berbentuk jarum.

Manfaat tanaman ini bisa didapat dari olahannya dengan cara meminum air rebusan, ekstrak dalam kapsul, hingga buah kering.

Manfaat Daun Dewa

Dilansir dari laman Liputan6.Com, Rabu (9/6/2021) berikut beberapa manfaat daun dewa untuk kesehatan:

Sebagai Obat

Manfaat daun dewa juga dapat mengurangi alergi karena memiliki sifat anti bakteri dan anti virus.

Polifenol yang dikandung dalam tumbuhan ini berfungsi sebagai anti histamin yang mencegah timbulnya berbagai masalah alergi. Tanaman herbal ini dapat meringankan gejala alergi seperti gatal, ruam, merah, sesak napas, hingga pembengkakan.

Detoksifikasi Racun Tubuh

Manfaat daun dewa juga dipengaruhi oleh senyawa Alkaloid yang dimilikinya. Senyawa ini bersifat menetralisir racun di dalam tubuh dan membuangnya lewat sekresi tubuh.

Flavonoid dalam mahkota dewa juga membantu menyingkirkan virus dan bakteri di dalam tubuh yang mengganggu fungsi vital seperti hati, ginjal, dan pencernaan. Sifat detoksifikasinya dapat menyehatkan hati dan mencegah masuknya penyakit hepatitis.

Mengatasi Nyeri Haid

Manfaat daun dewa didapatkan dari kandungan antioksidannya yang kuat seperti flavonoid, folifenol, saponin, tanin, terpenoid, dan alkaloid yang berlimpah. Ekstrak buah dari tanaman herbal ini bersifat antiradang yang berpotensi mengobati nyeri haid. Secara umum, kekuatan efek antiradang dari ekstrak buah ini bisa berbeda tergantung dosis yang ditentukan setiap produknya.

Mengatasi Sakit Kepala

Ramuan daun dewa dapat mengatasi sakit kepala berkat sifat analgesiknya. Tanaman Herbal ini dapat bekerja sebagai pereda nyeri saat sakit kepala.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.