5 Manfaat Fenugreek Untuk Kesehatan, Si Rempah Penyedap Kari

Avatar of PortalMadura.com
5 Manfaat Fenugreek Untuk Kesehatan, Si Rempah Penyedap Kari
Ilustrasi (idntimes.com)

PortalMadura.Com atau biasa juga disebut dengan kelabat merupakan tumbuhan herbal yang termasuk ke dalam keluarga Fabaceae. Tanaman ini berasal dari daerah Timur Tengah juga tumbuh di daerah Asia Selatan, termasuk India yang menjadi negara penghasil fenugreek terbesar.

Fenugreek sudah dikenal dunia sebagai obat herbal alami dan bahan kuliner seperti kari. Selain itu fenugreek memiliki beragam manfaat.

5 Untuk

Dilansir dari laman Alodokter.Com, Rabu (9/9/2020) berikut lima manfaat fenugreek bagi kesehatan tubuh.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi makanan yang telah dicampur dengan biji fenugreek mampu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Hal ini bisa terjadi lantaran kandungan serat dalam biji tanaman fenugreek dapat memperlambat pencernaan serta penyerapan karbohidrat dan gula pada tubuh.

Meningkatkan Produksi ASI pada Ibu Menyusui

Tanaman yang memiliki biji berwarna kecokelatan ini juga kerap digunakan sebagai ASI booster. Beragam suplemen, makanan, atau minuman yang mengandung fenugreek dipercaya mampu meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.

Namun, manfaat ini hanya bisa dirasakan oleh ibu menyusui yang sehat, tidak memiliki gangguan pada kelenjar susu, tidak stres atau mengalami gangguan emosional, serta memperoleh gizi yang cukup setiap hari.

Meringankan Nyeri Haid

Sebagian wanita kerap mengalami nyeri haid atau dismenore sebelum atau sewaktu menstruasi. Nyeri haid ini bisa bersifat ringan atau pun berlebihan hingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa bubuk biji fenugreek memiliki aktivitas antispasmodik yang dapat meredakan ketegangan otot rahim, sehingga mampu mengatasi sakit ketika tamu bulanan ini datang.

Meningkatkan Libido Pria

Fenugreek tidak hanya bermanfaat bagi wanita saja. Tanaman ini pun dipercaya mampu meningkatkan libido para pria. Fenugreek terbukti dapat meningkatkan kadar hormon testosteron, yakni hormon yang berperan penting dalam kesuburan dan gairah seksual kaum Adam.

Menjadi Agen Antiradang

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa biji fenugreek mengandung asam linolenat dan asam linoleat yang dapat berperan sebagai antiradang. Khasiat ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah menurunkan peradangan yang memicu rasa nyeri pada rheumatoid arthritis.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.