oleh

Intip Rahasia dari Manfaat Habbatussauda untuk Kecantikan Rambutmu

PortalMadura.Com – Sering terjadi pada masalah rambut yang mengganggu penampilan, dan bisa diatasi oleh perawatan menggunakan habbatussauda. Namun, jarang diketahui rahasia kecantikan rambut dan kulit perempuan Timur Tengah ada pada biji hitam yang disebut habbatussauda.

Tanaman ini tumbuh di beberapa tempat, yaitu Eropa Timur, Timur Tengah, dan Asia Tenggara. Bahkan tanaman berwarna hitam ini juga disebut ‘the seeds of blessing’ karena kaya manfaat. Berbentuk biji hitam, habbatussauda dikenal dengan beragam nama. mulai dari black seed, natura seed, kaluduru hingga jintan hitam. Nama latinnya sendiri adalah Nigella Sativa. Nama habbatussauda berasal dari bahasa Arab.

Manfaat habbatussauda pun bermacam-macam, selain digunakan untuk kecantikan juga sangat baik bagi kesehatan. Habbatussauda memiliki kandungan anti-kanker hingga anti-inflamasi yang menangkal berbagai penyakit. Seperti mengobati asma, menyembuhkan diabetes tipe 1, mencegah kanker, sampai menurunkan berat badan.

Dilansir dari laman Dove.Com, Senin (21/9/2020), bagi perempuan yang beraktivitas padat diruangan terbuka dan perempuan berhijab berikut rahasia dari manfaat bagaimana biji hitam ini bisa digunakan untuk perawatan rambut yang sehat dan indah:

Membersihkan Secara Menyeluruh dan Menyeimbangkan PH Kulit Kepala

Setiap butir biji jintan hitam memiliki kandungan senyawa anti-bakteri sekaligus anti-mikroba aktif. Kandungan senyawa ini mampu menghilangkan bakteri di kulit kepala dan rambut. Selain itu, jika diolah menjadi minyak dengan cold process, jintan hitam bisa membersihkan kulit kepala secara menyeluruh serta membunuh bakteri dan mikroba.

iklan hari santri

Manfaat lain jintan hitam adalah mengunci kelembapan setiap helai rambut karena kaya kandungan asam amino. Selain itu, jintan hitam juga bisa membantu menyehatkan folikel sehingga menjaga kelembapan dan pH alami di kulit kepala.

Melindungi Rambut dari Polusi dan Radikal Bebas

Rambut yang terpapar langsung dengan sinar matahari, radikal bebas, asap, dan polusi rentan dengan kerusakan serta rapuh. Perlindungan rambut dengan hijab atau topi tidak cukup untuk mengatasinya, apalagi jika aktivitas kebanyakan dilakukan di luar ruangan.

Dengan menggunakan jintan hitam, Anda bisa menjaga rambutmu dari kerusakan yang lebih parah. Gunakan ekstrak jintan hitam yang kaya antioksidan serta antijamur. Ini dapat Anda lakukan untuk menetralkan rambut dari efek negatif radikal bebas.

Mencegah Ketombe

Bermasalah dengan ketombe? Tak perlu khawatir. Jintan hitam ini juga bisa membantu Anda melawan ketombe. Oleskan minyak habbatussauda yang diencerkan dengan carrier oil (minyak kelapa atau minyak zaitun extra virgin) sebagai serum rambut sebelum tidur.

Jika menggunakan hijab setiap hari, Anda juga perlu menghindari penyebab ketombe lainnya. Salah satunya adalah menghindari memakai hijab saat rambut masih basah. Pastikan Anda menggunakan hijab dalam kondisi rambut yang kering.

Mencegah dan Mengurangi Kerontokan

Kandungan jintan hitam juga efektif mengatasi dan mencegah kerontokan rambut. Menurut riset, jintan hitam bisa membantu menumbuhkan rambut jika dikombinasikan dengan minyak kelapa.

Melembapkan Rambut Kering

Anda yang berhijab mungkin memiliki masalah rambut kering, patah-patah, dan mudah rusak akibat kekurangan nutrisi. Jintan hitam juga bisa Anda manfaatkan untuk menutrisi dan melembapkan rambut sehingga mengatasi masalah rambut kering dan mudah patah. Terdapat hampir 100 jenis senyawa dalam jintan hitam yang bermanfaat menutrisi rambut kering dan rusak.

Rewriter : Muthmainnatul Lizamah
Sumber : dove.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.