oleh

Manfaat Hati Ayam untuk Kesehatan Anak

PortalMadura.Com – Seiring tumbuh kembang bayi, kebutuhan nutrisinya tidak lagi dapat tercukupi melalui ASI atau susu formula. Oleh karena itu, agar asupan nutrisi bayi tetap terjaga, harus disertai dengan makanan pendamping ASI (MPASI). Salah satu menu makanan MPASI yang baik untuk bayi adalah hati ayam.

Hati ayam juga mengandung beragam nutrisi dan antioksidan yang penting untuk kesehatan bayi, seperti likopen, lutein, vitamin B, dan vitamin E.

Dilansir dari laman Alodokter.Com, Selasa (6/10/2020), berikut manfaat hati ayam untuk anak:

Mencegah Anemia

Hati ayam banyak mengandung zat besi dan vitamin B12 yang dapat mencegah anemia. Sementara itu, bayi membutuhkan vitamin B12 sebanyak 1,5 mikrogram per hari. Asupan nutrisi tersebut bisa dipenuhi dengan cara memasukkan hati ayam ke dalam menu MPASI.

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dan antioksidan lutein serta likopen pada hati ayam sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata bayi. Dengan tercukupinya asupan vitamin A, bayi akan berisiko lebih rendah mengalami gangguan penglihatan.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain baik untuk kesehatan mata, vitamin A juga berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penuhi asupan vitamin A bayi dengan memberikan hati ayam dalam jumlah yang tepat.

Membantu Perkembangan Otak dan Sistem Saraf

Kandungan kolin, lemak, serta protein di dalam hati ayam penting untuk perkembangan otak dan sistem saraf. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, hati ayam dapat mendukung tumbuh kembang otak dan kecerdasan bayi.

Mendukung Tumbuh Kembang Bayi

Hati ayam mengandung protein dan folat yang berperan penting dalam tumbuh kembang bayi. Dalam sehari, bayi usia 6–11 bulan memerlukan 9 gram protein dan 80 mikrogram folat.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar