6 Manfaat Ketan Hitam untuk Kesehatan Tubuh

Avatar of PortalMadura.com
Manfaat Ketan Hitam untuk Kesehatan Tubuh
Ilustrasi (faktualnews.co/ketan hitam)

PortalMadura.Com hitam merupakan bahan makanan yang sering diolah menjadi beragam panganan manis. Teksturnya yang legit membuat banyak orang menyukai olahan makanan dari ini.

Karakteristik beras ketan hitam ini berwarna hitam saat belum dimasak. Namun, setelah dimasak warnanya akan berubah menjadi keunguan. Warna hitam pada ketan hitam ini merupakan tanda bahwa bahan makanan ini mengandung antosianin yang tinggi. Antoisanin merupakan pigmen antioksidan yang juga banyak ditemukan di terong dan blueberry.

Selain itu, ketan hitam juga mengandung zat besi, protein, karbohidrat, serat, vitamin E, serta mineral seperti kalium, natrium, magnesium, dan zinc. Banyaknya kandungan nutrisi pada ketan hitam, maka kamu bisa mendapatkan untuk .

Manfaat Ketan Hitam untuk Kesehatan Tubuh

Dilansir dari laman Alodokter.Com, Sabtu (25/7/2020) berikut manfaat ketan hitam untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

Menunjang Daya Tahan Tubuh

Manfaat ketan hitam yang pertama untuk kesehatan mampu membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Manfaat ketan hitam ini dikarenakan adanya kandungan vitamin E yang tinggi di dalamnya.

Vitamin E pada ketan hitam juga dapat melindungi sel dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Hal ini juga bisa dikaitkan dengan tingginya kandungan antosianin dalam ketan hitam.

Melawan Kanker dan Penyakit Jantung

Manfaat ketan hitam untuk kesehatan pertdipercaya mampu membantu melawan kanker dan penyakit jantung. Manfaat ketan hitam untuk melawan kanker dan penyakit jantung ini dikarenakan adanya kandungan antosianin di dalamnya.

Antosianin yang merupakan salah satu pigmen dari antioksidan ini memiliki peran penting untuk mengurangi kadar koletserol jahat atau LDL, sehingga mampu melawan penyakit jantung.

Selain itu, jenis antioksidan ini juga memiliki sifat antiradang dan antikanker sehingga antosianinnya mampu menurunkan risiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Ketan hitam termasuk ke dalam gandum utuh, sehingga kandungan seratnya cukup tinggi. Kandungan serat tinggi ini sangat penting untuk menjaga kesehatan usus.

Selain itu, serat juga dapat membantu menurunkan berat badan, tekanan darah, dan kolesterol. Hal ini dikarenakan beras ketan hitam memiliki efek probiotik yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan.

Mencegah Anemia

Manfaat ketan hitam untuk kesehatan selanjutnya adalah mampu mencegah anemia. Hal ini dikarenakan ketan hitam mengandung zat besi yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah.

Apabila tubuh kekurangan zat besi, maka akan mengakibatkan Anda menderita anemia. Oleh karena itu, mengonsumsi ketan hitam dengan takaran yang tepat dipercaya dapat mengurangi risiko terkena anemia akibat kekurangan zat besi.

Membentuk Sel dan Jaringan

Manfaat ketan hitam untuk kesehatan selanjutnya mampu membantu proses pembentukan sel dan jaringan. Manfaat ini didapatkan dari adanya kandungan protein dalam ketan hitam.

Ketan hitam bisa Anda jadikan alternatif untuk mendapatkan asupan nutrisi protein nabati. Protein sangat penting dalam membentuk sel dan membangun berbagai jaringan tubuh, termasuk jaringan kulit dan tulang.

Baca Juga: Ini 5 Obat Asam Urat Alami yang terbukti Ampuh

Pewarna Alami Makanan

Pigmen warna dalam ketan hitam bisa dimanfaatkan sebagai pewarna alami dalam mengolah makanan, mulai dari merah muda hingga hitam. Memakai pewarna makanan dari ketan hitam akan lebih baik bagi kesehatan karena merupakan bahan alami.

Jadi, daripada menggunakan pewarna buatan yang cenderung tidak aman, Anda bisa menggantinya dengan menggunakan pewarna alami dari ketan hitam. Mengurangi konsumsi makanan dengan pewarna buatan dapat mencegah terjadinya masalah kesehatan.

itulah 6 Manfaat Ketan Hitam untuk Kesehatan Tubuh yang bisa anda dapatkan, tapi ingat walaupun ketan hitam memiliki manfaat tentu juga ada efek sampingnya jika dikonsumsi terlalu banyak.

Oleh karean itu sebaiknya anda tetap menjaga asupan makana dalam tubuh anda, dan jangan lupa kunjungi dokter pribadi anda secara rutin untuk mengecek kesehatan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.