Ini 5 Obat Asam Urat Alami yang terbukti Ampuh

Avatar of PortalMadura.com
Penulis: M. ZakariyaEditor: Firman G.A
obat asam urat alami
Asam Urat Salah satu penyakit yang sulit disembuhkan tapi bisa diminimalisir (Foto: Google Image)

PortalMadura.com- Obat memang tidak bisa menyembuhkan penyakit asam urat secara totoal. Tapi dengan bantuan obat-obatan yang tepat, penyakit ini dapat dikendalikan. Demikian dilansir Alodokter.com.

Pemberian obat bertujuan untuk meredakan gejala dan mencegah risiko asam urat kambuh kembali. Jenis obat yang biasanya diresepkan dokter adalah colchicine dan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS).

Selain itu, dokter juga dapat memberikan obat-obatan untuk mengurangi kadar asam urat yang tinggi. Contoh obat penurun kadar asam urat ini adalah allopurinol, rasburicase, dan probenecid.

Penderita asam urat juga dianjurkan untuk mengubah pola hidup, seperti rutin berolahraga dan menurunkan berat badan bila obesitas dan tidak hanya bergantung pada Obat asam urat.

Obat Asam Urat Alami

obat asam urat alami

Alodokter.com melansir, selain dengan obat-obatan dan menjalani pola hidup sehat, ada beberapa pilihan obat alami untuk mengobati asam urat, di antaranya:

1. Buah dan sayuran yang kaya vitamin C

Buah dan sayur yang kaya vitamin C dapat mengurangi kadar asam urat tinggi, hal ini berdasarkan sejumlaha studi kesehatan yang telah dilakukan. Buah jambu, jeruk, kiwi, mangga, pepaya, nanas, dan semangka, merupakan jenis buah yang direkomendasikan untuk penderita asam urat.

Sedangkan di sayuran ada bayam, kembang kol, brokoli, kentang, tomat, dan paprika. Semua sayur tersebut dikenal kaya akan vitamin C sehingga sangat direkomendasikan untuk asam urat atau setidaknya membantu menurunkan kadar asam urat.

2. Kopi

Kopi diketahui memiliki kandungan mineral, polifenol, dan kafein yang dapat meningkatkan metabolime purin menjadi asam urat dan meningkatkan proses pembuangan asam urat melalui urine. Hal ini juga dapat mencegah asam urat untuk mengendap dan merusak tulang dan sendi.

Karena itu, konsumsi kopi bisa menjadi salah satu Obat asam urat alami untuk membantu mengurangi kadar asam urat. Hanya saja, bila Anda memiliki riwayat sakit maag atau penyakit asam lambung, cara ini mungkin tidak dapat Anda lakukan karena konsumsi kopi dapat meningkatkan produksi asam lambung.

3. Jahe

Jahe merupakan tanaman yang banyak digunakan untuk menambah cita rasa pada masakan dan memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Karena memiliki kandungan antiradang, jahe dipercaya dapat meringankan rasa nyeri dan tidak nyaman karena pembengkakan akibat asam urat.

Untuk mengatasi asam urat Anda dapat mencampurkan satu sendok makan jahe parut ke dalam air hangat. Kemudian, kompres bagian tubuh Anda yang mengalami gejala asam urat dengan handuk atau kain yang sudah direndam dengan air tersebut selama 15 hingga 30 menit.

Anda juga bisa mengonsumsi teh jahe sebanyak 2 hingga 3 gelas per hari untuk mengurangi rasa nyeri akibat asam urat.

4. Kunyit

Tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, kunyit kerap dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan, seperti obat asam urat . Ini berkat kandungan curcumin pada kunyit sebagai antiradang yang dapat mengatasi nyeri sendi akibat asam urat.

5. Air putih

Selain baik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar tidak dehidrasi, air putih juga bisa digunakan sebagai Obat asam urat  alami karena dapat membuang asam urat yang berlebih dari tubuh manusia.

Dengan memperbanyak minum air putih, tubuh akan mengasilkan lebih banyak urine. Hal ini akan membuat asam urat lebih banyak terbuang melalui urine, sehingga ia tidak menumpuk di dalam tubuh.

Tapi tentu obat asam urat terampuh tergantung dari seberapa berat kelebihan asam urat pada diri anda, serta sejauhmana penyakit pengirinaya. Maka sangat bijaksana jika anda mengunjungi dokter pribadi anda untuk berkonsultasi.

Dan perlu diingat, saaat ini sudah banyak obat asam urat di apotik yang dijual dengan bebas tapi tetap utamakan konsltasi dengan doter anda.

Baca Juga: 36 Tanda Tanda Hamil Yang Perlu Anda Tahu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.