Manfaat Kolagen yang Jarang Diketahui

Manfaat Kolagen yang Jarang Diketahui
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Mayoritas orang mungkin belum mengetahui manfaat kolagen bagi kulit. Padahal, kolagen merupakan jenis protein paling banyak pada tubuh yang berfungsi untuk membantu bagian-bagian tubuh agar merekat sempurna.

Dengan kata lain, fungsi kolagen sebagai bahan dasar yang memengaruhi elastisitas kulit, mempertahankan bentuk tulang dan otot, melindungi organ tubuh, serta memberi bentuk pada otot dan tendon. Oleh karena itu, kolagen memiliki banyak manfaat untuk kulit. Mau tahu apa saja?

Berikut penjelasannya:

Membantu Menyamarkan Tanda-tanda Penuaan
Salah satu manfaat kolagen paling populer adalah kemampuannya untuk meningkatkan elastisitas kulit, menjadikannya tampak lebih muda dan sehat. Meski begitu, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen akan berkurang. Kondisi tersebut dapat menimbulkan kerutan pada kulit dan menjadikannya kendur. Tidak hanya itu, kulit pun dapat menjadi kering saat kekurangan kolagen.

Oleh karena itu, banyak produk-produk perawatan kulit mengandung kolagen. Hal ini berguna untuk mengisi kembali kolagen yang berkurang akibat proses penuaan.

Selain itu, tersedia juga suntik kolagen yang berfungsi sebagai filler untuk mengembalikan tekstur dan kepadatan kulit, sehingga keriput tersamarkan. Namun, perlu dilakukan tes kecocokan kulit sebelum melakukan langkah ini, terutama bila kolagen yang digunakan berasal dari sapi.

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka di Kulit
Kolagen dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka dengan mendorong pertumbuhan jaringan baru. Jenis luka yang dapat diatasi dengan pemberian kolagen meliputi:

1. Luka kronis yang tidak membaik dengan pengobatan lain
2. Luka dengan permukaan yang tidak rata (bergranula)
3. Luka yang membusuk, atau disertai dengan kematian jaringan
4. Luka bakar derajat 2

Pemberian kolagen tidak dianjurkan untuk pasien dengan luka bakar derajat 3, yaitu luka yang dilapisi oleh sisa jaringan yang mengering dan berwarna gelap, serta pasien yang alergi produk buatan dari sapi.

Mengurangi Tampilan Selulit
Selulit adalah gambaran gumpalan-gumpalan kecil pada permukaan kulit terutama pada pinggul, paha dan bokong. Kondisi ini terjadi karena dorongan lapisan lemak pada jaringan ikat di bawah kulit.

Meski bukan sesuatu yang berbahaya, selulit seringkali membuat pemiliknya merasa kurang percaya diri. Kolagen dapat membantu menyamarkannya dengan memperbaiki tesktur kulit, dan membuatnya kembali mulus.

Meringankan Nyeri Sendi
Seiring bertambahnya usia, tulang rawan dapat melemah serta berkurang kualitasnya. Kondisi ini umumnya ditandai dengan rasa nyeri dan kaku pada persendian atau biasa disebut arthritis.

Kolagen disebut dapat mengurangi nyeri sendi dan meringankan gejala arthritis. Anda bisa mendapatkan kolagen dari suplemen yang khusus mengandung zat ini, ataupun pilihan menu makanan Anda.

Itulah beberapa Manfaat Kolagen yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat. (okaydoc.com/Putri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.