Manfaat Luar Biasa Doa Nabi Yunus Bagi Pembacanya

Berikut ini manfaat membaca la ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin 40 hingga 100 kali

Avatar of PortalMadura.com
Manfaat Luar Biasa Doa Nabi Yunus Bagi Pembacanya
Ilustrasi (Nazeefah.com)

PortalMadura.Com – Dalam kitab sejarah Islam, kisah ketika berada di perut ikan paus mungkin sudah pernah Anda dengar sebelumnya. Kala itu, Nabi Yunus ditelan bulat-bulat oleh ikan tersebut dan tinggal di dalam perutnya dalam beberapa waktu.

Sebagian besar ulama mengamininya, dan selama di perut ikan paus tersebut, Nabi Yunus tidak henti-hentinya memanjatkan doa  agar Allah SWT menyelematkannya.

Alhasil, doa itu pun diabadikan dalam Alquran QS al-Anbiyaa ayat ke-87 yang berbunyi:

لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Lailaha illa Anta subhanaka inni kuntu minadhdhalimin”. Artinya, “Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim” .

Manfaat membaca la ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin

Dalam sejumlah riwayat, Rasulullah membeberkan sejumlah manfaat membaca doa tersebut. Di antaranya riwayat Ahmad, at-Tirmidzi, an-Nasaai dan al-Hakim dalam Nawadir al-Ushul. Bahwa, Rasulullah menyatakan, barang siapa membaca doa ini maka permintaannya akan dikabulkan.

Sungguh sangat bermanfaat apabila membaca tersebut, tapi tidak hanya itu, membaca doa ini juga tidak terbatas pada permintaan ketika ada hajat tertentu.

Rasulullah sebagaimana dinukilkan dari riwayat al-Hakim dari Sa'ad bin Abi Waqash menyebutkan, membaca 40 kali doa ini ketika sakit, lalu kemudian dia meninggal, maka dia akan mendapatkan pahala orang yang meninggal syahid. Riwayat ini diambil dari kitab ad-Durr al-Mantsur.

Lebih lanjut, Syekh Sayyid Muhammad bin al-Alawy al-Maliky al-Hasani, dalam kitab Abwab al-Faraj, mengungkapkan, para ulama dan wali kerap membaca ayat ini.

Baca Juga : Ini 5 Hewan yang Pernah Menolong Para Nabi di Zamannya

Ada yang membacanya 40 kali setelah salat Subuh tanpa terputus sama sekali. Selain itu, ada juga yang membaca setiap hari sebanyak 1.000 kali untuk tujuan akhirat dan duniawi tertentu. Sehingga manfaat membaca la ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin sangat luar biasa.

Manfaat Doa Nabi Yunus

Doa nabi Yunus memiliki banyak manfaat penting, diantaranya adalah mengingatkan kita pada tuhan yang esa dan sekaligus sebagai bentuk permohonan ampun kita kepada Allah Subhanallahu wa ta'ala atas segala dosa dosa yang telah kita perbuat, baik yang sengaja maupun yang tidak kita sengaja. Selain itu doa nabi Yunus juga memiliki keistimewaan yang amat penting dan besar.

Doa Nabi Yunus memiliki keistimewaan, karena doa tersebut terdapat pengakuan atas ketauhidan Allah ‘Azza wa Jalla dan pengakuan atas segala dosa yang telah dilakukan selama ini, segala kesalahan dan kedzoliman yang telah dilakukan selama ini. Jadi dapat disimpulkan, doa nabi Yunus memiliki 3 (tiga) keistimewaan:

  1. Pengakuan tauhid, atas keesaan Allah Subhanallahu wa ta'ala,
  2. Pengakuan akan kekurangan diri dan segala dosa, kesalahan maupun kedzoliman yang pernah dilakukan,
  3. Ungkapan permohonan ampun kepada Allah atas segala dosa.

Sudah sepatutnya doa Dzun Nuun ini dapat menimbulkan kegelisahan dan kesedihan saat anda berulang kali membaca doa ini dengan hati yang lapang dan ikhlas. Dengan hati yang ikhlas, insya Allah, niscaya Allah akan mengijabahi doa anda. Maka ada baiknya anda membaca doa Dzun Nuun ini setiap anda akan mengawali setiap doa, niscaya akan diijabahi oleh Allah Subhanallahu wa ta'ala.

Waktu Yang Tepat Membaca Doa Nahi Yunus

Banyak ulama yang menjadikan Doa Nabi Yunus sebagai doa harian. Diketahui jika para ulama itu mengamalkan doa nabi yunus sebanyak 40 kali usai salat subuh tanpa putus.
Dan ada juga yang menjadikan Doa Nabi Yunus sebagai dzikir harian sebanyak 1000 kali sebagai permohonan ampun dan bekal di akhirat.

Dalam riwayat al-Hakim dari Sa'ad bin Abi Waqash disebutkan bila membaca 40 kali doa Nabi Yunus ketika sakit, lalu kemudian dia meninggal, maka dia akan mendapatkan pahala orang yang meninggal syahid.

Bagaimana, tidakkah Anda ingin mencoba membacanya juga?. Semoga bermanfaat. Wallahu A'lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.