oleh

Manfaat Madu Untuk Bibir

PortalMadura.Com – Bibir yang sehat dan tampak merona tak hanya akan mempercantik penampilan, tapi juga menunjang aktivitasnya untuk mengecap, makan, dan berbicara. Itulah kenapa bibir menjadi salah satu organ penting yang butuh perawatan rutin setiap harinya.

Perawatan bibir bisa dilakukan dengan cara sederhana dan murah, salah satunya dengan menggunakan bahan alami seperti madu.

Dilansir dari laman Hipwee.Com, Senin, (3/8/2020), berikut manfat madu untuk bibir:

Manfaat Madu Untuk Bibir

Mengatasi Bibir Kering

Polusi, udara dari AC, dan perubahan cuaca yang cukup ekstrem bisa jadi penyebab bibir kering. Nah, biar bibir Anda nggak makin kering terlebih saat pakai perona bibir, mending oleskan madu terlebih dahulu untuk perawatannya.

Mengobati Bibir Berdarah

Dalam kondisi seperti ini, mengoleskan madu secara langsung saja nggak cukup. Anda perlu memanaskan madunya dulu sebelum dioleskan ke bibir. Proses pemanasan madu bisa membuat nutrisinya lebih mudah terserap ke lapisan bawah kulit. Oleskan madunya setelah suhunya hangat.

Mengatasi Bibir Hitam

Cara ini dianggap manjur karena kandungan alami dalam madu bisa mengangkat sel kulit mati pada bibir. Anda hanya perlu mengoleskan madu ini pada bibir tiap menjelang tidur atau di pagi hari sebelum beraktivitas.

Bagi pria yang merokok, bisa jadi bibir akan menghitam karena penempelan zat nikotin sedangkan pada wanita bibir hitam dan kering akibat terlal sering memaki lipstik dari bahan kimia sehingga kecukupan nutrisi pada bibir akan berkurang.

Sebagai solusi tepat, kamu baik pria maupu wanita bisa memanfaatkan madu demi mengembalikan kemerahan bibir secara alami.

Caranya panaskan satu sendok madu sampai berbuasa, lalu diamkan sejenak agar sedikit hangat. Barulah kamu dapat mengoleskanya ke bibir dengan rata. Lakukan secar teratur boleh di pagi hari atau di malam hari.

Manfaat Madu Untuk Bibir Pecah-pecah

Penggunaan Madu pada produk lip balm bermanfaat bagi bibir karena mampu untuk melembapkan dan melembutkan bibir. Lip balm yang mengandung madu maka akan sangat nyaman digunakan di bibir. Selain itu, lip balm akan dapat tahan lama dibandingkan lip balm yang tidak mengandung madu.

Pelindung bibir yang terbuat dari Madu baik untuk bibir merah merona karena madu memiliki sifat antibakteri yang dapat melindungi bibir dari berbagai macam bakteri penyebab infeksi pada bibir. Selain itu, menggunakan lip balm yang mengandung madu bisa mencegah bibir menjadi kering yang biasanya merupakan pemicu bibir pecah-pecah.

Sifat antibakteri yang terdapat pada madu ini mampu mencegah infeksi menyebar dan memperparah bibir kering atau pecah. Selain itu, lip balm yang mengandung madu juga akan terasa nyaman digunakan pada bibir yang pecah.

Bibir pecah-pecah tentu akan terasa aneh atau perih apabila diolesi oleh obat-obatan atau lip balm yang lain. Namun, tidak halnya jika diolesi dengan lip balm yang mengandung madu.

Dengan demikian, madu yang ada pada lip balm tidak hanya mengobati bibir yang kering dan terluka, tapi juga dapat merawatnya. Bahkan setelah itu, bibir akan memperoleh kelembapannya kembali.

Lip balm madu mempunyai kandungan yang baik untuk kesehatan bibir dan membuat manfaat madu untuk bibir semakin efektif. Akan tetapi jika Anda tidak begitu menyukai menggunakan produk lip balm madu ini, maka Anda dapat membuatnya sendiri di rumah atau dapat langsung mengoleskannya di bibir Anda, dengan olesan yang tipis saja.

Akan tetapi, perlu Anda ingat jika madu tidak bisa digunakan oleh semua orang. Bagi orang yang memiliki penyakit alergi tertentu atau masih bayi, maka penggunaan madu ini sebaiknya tidak diberikan terlebih dahulu sebelum berkonsultasi dengan dokter.

Mengobati Sariawan

Untuk menghilangkan rasa perihnya, Anda bisa mengoleskan madu pada bagian bibir yang sariawan.

Menyamarkan Lipatan Bibir

Memang sepele sih, tapi lipatan pada bibir bisa kadang bikin lipstik jadi cepat retak dan hilang. Makanya, oleskan bibir setiap hari dengan madu agar lipatan ini bisa pelan-pelan tersamarkan dan merata kembali.

 

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Hipwee.Com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE