Manfaat Metode Kenguru Untuk Bayi Prematur Aman dan Efektif

Avatar of PortalMadura.com
Manfaat Metode Kenguru Untuk Bayi Prematur Aman dan Efektif
Ilustrasi (suara.com)

PortalMadura.Com – Metode kanguru merupakan metode perawatan bayi yang melibatkan orang tua. Metode ini dilakukan dengan cara memposisikan bayi di dada sehingga terjadi kontak langsung antara kulit bayi dengan kulit ibu. Metode ini memiliki banyak manfaat yang luar biasa untuk mendukung kesehatan dan pertumbuhan .

Metode kanguru aman untuk dipraktikkan dan bahkan dinilai dapat berfungsi dengan baik. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Senin (15/2/2021) berikut ini adalah beberapa manfaat metode kanguru untuk kesehatan bayi prematur:

Membuat Lebih Stabil

Kontak fisik antara ibu atau ayah dan bayinya melalui metode kanguru dapat membantu memberikan kehangatan pada tubuh bayi, sehingga suhu tubuh bayi prematur bisa lebih stabil.

Membantu Pempercepat Peningkatan Berat Badan Bayi

Metode kanguru bisa dijadikan pilihan terapi untuk membantu mempercepat kenaikan berat badan bayi prematur. Karena bayi prematur cenderung memiliki berat badan lahir rendah dan terkadang sulit mencapai berat badan ideal. Hal ini dikarenakan metode kanguru bisa membuat bayi menjadi lebih nyenyak saat tidur, sehingga energinya tersalurkan untuk memperbaiki fungsi tubuh dan membangun jaringan tubuh dengan lebih baik.

Meningkatkan Fungsi Organ Tubuh Bayi

Metode kanguru dapat Anda lakukan pada bayi prematur yang mengalami gangguan sistem pernapasan dan membantunya pulih lebih cepat. Metode ini dapat membuat detak jantung bayi prematur menjadi lebih stabil dibandingkan dengan bayi prematur yang tidak menjalani metode ini.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.