Manfaat Musik Pada Anak, Jangan Dianggap Sepele

Avatar of PortalMadura.com

PortalMadura.Com – Manfaat musik pada anak jangan dianggap sepele. Banyak orang tua yang kurang paham akan pentingnya musik bagi pertumbuhannya.

Musik, selain dapat membantu pertumbuhan kecerdasan, juga berguna untuk meningkatkan kreativitas, emosional, pikiran hingga kesehatan tubuh si anak.

Musik itu bersifat universal dan tidak asing bagi anak-anak. Bahkan, umumnya anak senang mendengarkan dan bermain musik.

Disadari atau tidak, kehidupan manusia, baik anak, remaja, orang dewasa suka dengan seni musik. Sebab, musik adalah salah satu yang indah dan enak didengarkan.

Irama beraturan menciptakan kebahagiaan tersendiri. Tak jarang di antara mereka, jika mendengar musik, bagian tubuh tertentu ikut bergoyang diluar kesadaran.

Itulah emosi manusia. Jenis musik yang disukai tentunya sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangannya. Jika seseorang sedang jatuh cinta, tentu musik yang dibutuhkan tentang cinta.

Baca Juga:  Temui Paskibraka, Bupati Sumenep Ingatkan Fokus Latihan dan Jaga Kesehatan

Jika sedang patah hati, maka musik yang dibutuhkan atau didengarkan adalah musik tentang patah hati. Disinilah, pentingnya musik bagi pertumbuhan anak, namun tetap butuh didampingi oleh orang tua dalam memilih jenis musik.

Belakangan ini, menyebar video anak yang sedang asyik mendengarkan musik bernuansa Islami, yakni hadrah. Ia kelihatan sangat menikmati dan seakan tak peduli dengan teman-temannya.

Bergoyang dan gerakan tangan serta anggota tubuh lainnya seirima dengan musik selawat melalui kesenian hadrah itu. Video anak itu, sudah menjadi langganan para penikmat media sosial.

Tonton : LUCU BANGET, Senyum Itu Ibadah KLIK DI SINI

Video itu menggambarkan bahwa anak itu suka dengan musik hadrah, yang kemungkinan sering ia dengar atau bahkan ada dilingkungan keluarga yang suka dengan musik Islami.

Baca Juga:  Tasyakuran Asyura, Bupati Sumenep Bongkar Filosofi Religius Lagu Perdananya

Gerakan tubuhnya seirama dengan bunyi rebana yang diiringi dengan alunan selawat. Ini sangat positif bagi pertumbuhan si anak. Namun, tetap harus dalam pengawasan orang tua.

PortalMadura.Com, Selasa, 12 Juli 2022 mengutip edumasterprivat.com menyebutkan, ada 4 cara bagi orang tua dalam memberikan pendidikan musik kepada anak, yakni ;

1. Memperkenalkan musik pada anak dengan cara memainkankan atau mendengarkan musik bersama-sama.

2. Mengajak anak untuk bernyanyi bersama

3. Memberikan film atau buku musikal

4. Mendengarkan lagu dan musik sebelum tidur

Setidaknya ada 9 manfaat musik bagi pertumbuhan anak, meliputi, meningkatkan kecerdasan otak, meningkatkan kebahagiaan dan semangat, meningkatkan rasa percaya diri, membangun karakter positif, meningkatkan daya ingat, meningkatkan kemampuan bersosialisasi, membuat pikiran menjadi tenang, meningkatkan kesehatan emosional, dan meningkatkan kesehatan tubuh.(*)

Baca Juga:  Tasyakuran Asyura, Bupati Sumenep Bongkar Filosofi Religius Lagu Perdananya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.