oleh

18 Manfaat Singkong Rebus Bagi Kesehatan

PortalMadura.Com – Siapa yang tidak mengenal singkong? Dan tahukah anda jika Banyak Manfaat Singkong Rebus.

Salah satu jenis umbi-umbian ini sering kali dijadikan makanan pokok sebagai pengganti nasi oleh sebagian masyarakat Indonesia. Sebab kandungan karbohidratnya yang bisa menjadi sumber energi untuk aktivitas sehari-hari.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Singkong yang memiliki nama ilmiah Manihot utilissima merupakan salah satu jenis tumbuhan perdu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae.

Banyak olahan singkong yang bisa dinikmati dan yang paling sederhana yakni dengan direbus. Selain simpel, singkong rebus mengandung banyak manfaat lho.

Dikutip dari laman hellosehat.com, dalam 100 gram singkong rebus, ada 112 kalori yang 98 persennya berasal dari karbohidrat dan sisanya berasal dari protein serta lemak. Di antaranya air, kalori, protein, serat, glukosa, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, pottasium, sodium, mangan, selenium, thaimin, riboflavin, vitamin A, B, C, dan E, Folat yang sangat baik bagi tubuh

Manfaat Singkong Rebus

Berikut beberapa manfaat singkong rebus bagi kesehatan seperti yang dirangkum PortalMadura.Com dari laman manfaat.co.id, (8/7/2019).

Manfaat Singkong Rebus Menjaga Kesehatan Jantung

Bagi Anda yang ingin miliki jantung sehat dan kuat serta tidak mudah terkena gangguan ataupun penyakit, singkong rebus sangat bagus untuk Anda konsumsi secara rutin.

Manfaat Singkong Rebus untuk Asam Lambung

Bagi anda yang memiliki asam lambung, pilihan singkong rebus sebagai obat asam lambung dapat menjadi alterntif pengobatan alami. Terlebih lagi penderita asam lambung umumnya sulit mengkonsumsi makanan keras dan bahkan dilarang.

manfaat singkong rebus untuk asam lambung

Untuk itu Singkong Rebus bisa menjadi alternatif makanan bagi penderita Asam Lambung, kandungan gizi di dalamnya cukup untuk kebutuhan engergi dan tidak beresiko.

Menghilangkan Mata Panda

Siapa sangka, ternyata mengonsumsi singkong rebus juga bisa untuk menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata lho.

Mengatasi Kecanduan

Bagi Anda yang ingin menghilangkan kebiasaan ataupun rasa kecanduan rokok dan alkohol, Anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi singkong rebus.

Manfaat Singkong Rebus Menyembuhkan Diabetes

Singkong rebus juga sangat baik dikonsumsi penderita diabetes. Anda bisa mengonsumsinya secara teratur untuk menyembuhkan dan mengatasinya.

Mencegah Peradangan

Singkong rebus sangat efektif untuk mencehgah peradangan seperti radang tenggorokan dan lambung.

Manfaat Singkong Rebus Meredakan Asma

Mengonsumsi singkong rebus setiap hari juga dapat mengatasi dan meredakan penyakit asma.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Bagi anda yang sering mengalami gusi berdarah atau ingin memiliki gigi yang sehat dan terhindar dari penyakit gigi, anda bisa memanfaatkan singkong rebus.

Memulihkan Penyakit Bronchitis

Singkong rebus juga sangat efektif untuk dijadikan sebagai obat penyakit bronchitis.

Meningkatkan Sistem Imun

Jika Anda mengkonsumsi singkong rebus secara berkala, Anda bisa meningkatkan sistem imun tubuh sehingga Anda tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Mengatasi Nyeri Saat Batuk

Selain mengatasi asma, manfaat singkong rebus dapat meredakan rasa nyeri yang Anda alami saat batuk.

Manfaat Singkong Rebus Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan nutrisi yang ada pada singkong rebus sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit lho. Selain itu juga mampu menutrisi kulit dengan baik.

Mengatur Kadar Kolesterol

Singkong rebus juga dapat mengatur kadar kolesterol Anda agar stabil.

Menjaga Kesehatan Mata

Singkong rebus memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Bila Anda mengkonsumsinya secara teratur, maka mata Anda akan selalu terjaga kesehatannya.

Meredakan Stress

Singkong rebus ternyata juga sangat bermanfaat untuk meredakan stres lho. Aroma serta rasa yang ada pada singkong rebus dapat menenangkan pikiran dan saraf.

Menstabilkan Gula Darah

Salah satu manfaat singkong rebus yang telah terbukti yakni dapat membantu menstabilkan gula darah.

Hal ini sangat penting bagi mereka yang memiliki kadar gula berlebih, sebab kadar gula darah berlebihan ataupun rendah sangat berbahaya untuk kesehatan. Nah, untuk mengatasinya Anda bisa mengkonsumsi singkong rebus secara berkala.

Manfaat Singkong Rebus Mengatasi Anemia

Kandungan zat besi yang ada pada singkong rebus sangat baik bagi Anda yang sering mengalami anemia. Selain itu, singkong rebus juga sangat baik untuk mencegah terjadinya gejala anemia.

Mengatasi Lelah

Selain mengatasi anemia, singkong rebus juga dapat mengatasi lelah karena kandungan kalori dan karbohidrat yang baik.

Itulah beberapa manfaat singkong rebus untuk kesehatan yang anda harus tahu agar tidak menyepelekan makanan khas Indonesia ini.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar