oleh

9 Cara Mudah Bangun Pagi Untuk Salat Subuh

PortalMadura.Com – Salat subuh merupakan salah satu salat wajib dari salat lima waktu yang dilakukan pada saat fajar sampai hingga menjelang matahari terbit, biasanya didahului oleh salat sunah fajar sebanyak 2 rakaat.

Dalam Hadis Riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda: “Dua rakaat sebelum salat subuh lebih baik dari pada dunia dan seisinya.”

Oleh karena itu, salat subuh memiliki manfaat dan keutamaan yang luar biasa bagi siapa saja yang melaksanakannya secara rutin setiap hari. Namun, yang menjadi masalah saat ini yaitu banyak orang yang susah bangun pagi untuk melaksanakan salat subuh. Karena ini kewajiban yang harus dilakukan, Anda perlu melakukan beberapa latihan ini agar bisa bangun pagi. Hal ini dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com yang dirangkum dari berbagai sumber. Apa saja?

Berikut penjelasannya:

Kuatkan Tekad Untuk Bangun Subuh

Anda bisa baca mengenai keutamaan salat subuh berjamaah di masjid untuk menguatkan tekad Anda melaksanakan salat subuh. Selain itu, ubahlah niat Anda dan jadikan bangun pagi untuk melaksanakan perintah Allah SWT. Keuntungan lainnya yaitu jika Anda melaksanakan salah subuh pada waktunya, Anda pun tidak akan terlambat pergi ke sekolah atau pun tempat kerja.

Jangan Bergadang

Batasi maksimal bergadang sampai jam 22.00 atau lebih bagus lagi jam 21.00. Tidur lebih awal akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Badan pun akan lebih mudah untuk terbiasa bangun pagi. Udara fajar yang masih terasa segar dan kandungan oksigennya yang masih bersih, bisa membuat otak Anda menjadi lebih fresh.

Selain itu, ketika subuh otak akan lebih banyak memproduksi hormon yang membantu menajamkan daya ingat sehingga penerimaan informasi menjadi lebih cepat dan tersimpan dalam jangka waktu yang lebih lama. Hal ini tentu akan meningkatkan kualitas pekerjaan Anda.

Berwudu Sebelum Tidur

Ada keistimewaan yang luar biasa untuk orang yang berwudhu sebelum tidur. Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudu) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci’”. [HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a.]

Melakukan wudu sebelum tidur memiliki banyak keutamaan salah satunya yaitu akan didoakan oleh malaikat yang mengikutinya sehingga segala dosa yang dilakukan orang yang sudah berwudu di malam hari akan diampuni.

Hindari Makan Berlebihan Sebelum Tidur

Makan berlebihan akan menyebabkan Anda tidur lebih nyenyak dan bangun dalam keadaan capek. Hal ini dikarenakan, ketika merasa kekenyangan, asupan oksigen Anda akan berkurang sekitar 20%-40% (5-10 detik), hal tersebut menyebabkan hiperventilasi (pernapasan berat) yang membutuhkan banyak energi, sehingga Anda mungkin tidak bisa mendengarkan suara alarm ataupun mendengar azan subuh yang berkumandang.

Makanlah ketika waktu maghrib dengan porsi yang sewajarnya, seperti apa yang dilakukan Rasulullah saw. Beliau tidak Iangsung tidur setelah makan malam. Beliau akan beraktivitas terlebih dahulu agar makanan yang dikonsumsi masuk lambung dengan cepat dan baik sehingga mudah dicerna. Beliau akan melakukan ibadah salat dan berzikir.

iklan hari santri

Dari Aisyah ra. Rasulullah Saw bersabda: “Cairkan makanan kalian dengan berdzikir kepada Allah SWT dan salat, serta janganlah kalian langsung tidur setelah makan, karena dapat membuat hati kalian menjadi keras.”

Tidur Memalingkan Badan ke Kanan

Rasulullah bersabda: “Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu,” (Hr Al-Bukhari dan Muslim). Rasulullah membenci orang-orang yang tidur tengkurap. Dari Ibnu Tikhfah Al Ghifari, dari Abu Dzarr, ia berkata: “Rasulullah lewat di hadapanku dan ketika itu aku sedang tidur tengkurap. Beliau menggerak-gerakkanku dengan kaki beliau. Beliau pun bersabda: “Wahai Junaidib, tidur seperti itu seperti berbaringnya penduduk neraka.” (HR. Ibnu Majah)

Tidur dengan posisi memiringkan badan ke kanan juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Posisi ini akan membuat posisi jantung Anda berada di atas, sehingga bisa mengurangi beban jantung Anda. Selain itu juga dapat menjaga kesehatan paru-paru, meningkatkan waktu penyerapan zat gizi, mengistirahatkan lambung dan mengistirahatkan otak sebelah kiri.

Berdoa dan Zikir Sebelum Tidur

Dalam hadis yang berasal dari Jabir bin Abdullah, dinyatakan: “Apabila manusia berbaring di pembaringannya (akan tidur), malaikat dan setan segera menghampirinya. Malaikat membisikkan, “Akhiri (malam-mu) dengan kebaikan”, sedangkan setan membisikan, “Akhiri (malam-mu) dengan keburukan”. Apabila dia berzikir menyebut nama Allah kemudian tidur, maka malaikat melindungi dia di malam itu.“ (HR. Ibnu Hibban 5533, Hakim dalam Al-Mustadrak 1969 dan beliau shahihkan, kemudian disepakati oleh Adz-Dzahabi).

Di saat Anda tidur, Anda sangat butuh pertolongan dan pengamanan dari Allah. Untuk mendapatkan jaminan ini, Rasulullah saw mengajarkan kepada Anda untuk berdoa dan berzikir sebelum tidur. Selain itu Anda juga bisa membaca ayat Kursi atau dua ayat terakhir Surat Al Baqarah, yaitu ayat 285-286 sebelum tidur.

Baca Juga: Haruskah Mengqadha Salat Subuh saat Kita Bangun Kesiangan?

Pasang Alarm

Alarm bisa menjadi senjata Anda untuk bangun tepat pada waktu yang Anda inginkan. Pasang alarm sekitar jam 04.00 pagi agar Anda bisa melakukan persiapan untuk salat subuh. Anda bisa manfaatkan fitur alarm yang ada pada smartphone Anda.

Jika Anda tipikal orang yang susah bangun, pasanglah alarm lebih dari satu. Karena biasanya orang yang seperti ini akan bangun hanya untuk mematikan alarm yang berbunyi. Dengan adanya alarm cadangan kedua dan ketiga, Anda akan tetap terbangun untuk salat subuh.

Minta Teman Keluarga, Teman, atau Gebetan

Jika memang Anda sulit terbangun dengan alarm, cobalah minta bantuan keluarga, teman terdekat, atau bahkan gebetan Anda. Mintalah mereka untuk membangunkan Anda dengan berbagai cara, mulai dengan ketok pintu kamar hingga menelepon Anda.

Risiko Telat Bangun Subuh

Pikirkan bahwa ada sebuah risiko jika Anda tidak bangun subuh. Hal ini bisa jadi cara jitu untuk membuat alam bawah sadar Anda memaksa untuk bangun subuh. Misalnya, jika Anda tidak bangun subuh Anda akan dimarahi oleh orangtua, tidak mendapatkan uang bulanan, atau sugesti-sugesti lainnya yang bisa mempengaruhi alam bawah sadar Anda. Walaupun begitu, tetaplah niatkan salat Subuh Anda karena Allah Ta’ala.

Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: okezone.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.