oleh

Manfaat Tidur Siang untuk Kecerdasan Anak

PortalMadura.Com – Tidur merupakan aktivitas yang harus dipenuhi setiap hari, tidak hanya untuk orang dewasa, bagi seorang anak pun juga penting. Selain tidur saat malam hari, tidur siang ternyata memiliki sejumlah manfaat bagi anak-anak.

Meskipun terkesan sepele, tapi orang tua harus tahu mengapa anak-anak perlu mendapatkan waktu tidur siang yang cukup. Apalagi bagi anak yang masih suka bermain, biasanya tidur siang menjadi aktivitas yang tidak menarik dilakukan.

Jadi, orang tua harus pandai membujuk anak-anaknya agar mau meninggalkan mainannya sejenak. Karena anak membutuhkan waktu tidur yang lebih lama daripada orang dewasa. Bukan tanpa alasan, tapi hal tersebut bisa berpengaruh pada prestasi akademiknya.

Dilansir PortalMadura.Com, Selasa (9/7/2019) dari laman Fimela.com, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal SLEEP menemukan bahwa anak-anak yang mendapatkan tidur siang 30 hingga 60 menit paling tidak tiga kali seminggu ternyata lebih bahagia, memiliki self-control yang lebih baik dan lebih jarang menunjukkan perilaku buruk.

Dalam hal ini, seorang anak yang jarang tidur siang atau bahkan sama sekali tidak melakukannya, dapat meningkatkan risiko stres. Hal ini karena mereka cenderung rewel sehingga berdampak pada mentalnya ketika dewasa nanti.

Loading...

Selain itu, saat anak tidak mempunyai waktu tidur yang cukup, biasanya ia akan mudah merasa cemas dan kurang peduli pada lingkungan sekitarnya. Dengan kata lain, anak-anak yang tidak mendapatkan tidur siang akan menunjukkan emosi negatif seperti perilaku buruk, rewel, mudah mengantuk, marah dan prestasi akademik yang buruk. Inilah alasannya kenapa tidur siang bisa membuat anak lebih bahagia dan terhindar dari sikap buruknya.

Lebih mengejutkan lagi, penelitian yang dilakukan di University of Pennsylvania dan University of California ini menunjukkan bahwa anak-anak juga mengalami peningkatan IQ dan performa yang baik secara akademis.

Peneliti Adrian Raine mengungkapkan, “Anak-anak yang tidur siang tiga kali atau lebih dalam seminggu mendapatkan manfaat kenaikan 7,6% dalam performa akademik di kelas 6”.

Jadi, anak yang menjadikan tidur siang sebagai sebuah kebiasaan atau sering tidak melewatkannya maka ia akan mendapatkan beberapa keuntungan, khususnya dalam performa akademiknya.

Baca Juga : Umat Muslim, Ini Manfaat Tidur Siang Menurut Islam

Oleh karena itu, mulai sekarang jangan abaikan tidur siang pada anak ya Moms, apalagi jika ingin anak bahagia dan memiliki performa baik di bidang akademik. Semoga bermanfaat.


Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : fimela.com

Komentar