Masya Allah, Ini 3 Amalan Dahsyat Jelang Ramadan yang Berpahala Besar

Avatar of PortalMadura.com
Masya-Allah,-Ini-3-Amalan-Dahsyat-Jelang-Ramadan-yang-Berpahala-Besar
Ilustrasi (brilio.net)

PortalMadura.Com – Bulan Ramadan tahun ini sudah tinggal hitungan hari. Sebagian besar umat Muslim mulai mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangan bulan suci ini. Karena, dengan membiasakan diri melakukan amalan saleh, maka beribadah di bulan puasa tidak akan terasa berat.

Tidak hanya itu, amalan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh akan mendapatkan pahala yang sangat besar di bulan Ramadan. Jadi, menjadi kesempatan umat Islam untuk menjalankan ibadah sebagaimana yang telah dianjurkan agar pahala yang didapat bisa berlipat ganda.

Berkaitan dengan hal tersebut, Syekh Ali Jaber semasa hidup pernah memberi nasihat mengenai amalan dahsyat yang bisa dikerjakan oleh kaum Muslimin untuk menyambut bulan Ramadan sehingga mendapat pahala yang luar biasa besar. Dilansir PortalMadura.Com, Kamis (31/3/2022) dari laman Okezone.com, berikut penjelasannya:

Salat

Syekh Ali Jaber mengatakan betapa meruginya mereka yang diberi fisik sempurna tapi dengan sengaja meninggalkan salat. Bahkan, ia juga menyebut bahwa salat merupakan tiang agama yang dapat membawa umat manusia menuju surga Allah Subhanahu wa ta’ala.

“Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pun pernah berkata kepada Fatimah putrinya, tawakallah kepada Allah, karena salat itu sendiri-sendiri, bahkan ayah tak bisa menolong putrinya di akhirat kelak,” kata Syekh Ali Jaber.

Oleh karena itu, salat merupakan amalan utama yang harus dikerjakan. Sebab, manusia membutuhkan salat sebagai bentuk komunikasi dengan Sang Pencipta. Allah Subhanahu wa ta’ala tidak butuh salat, manusialah yang membutuhkan salat untuk menggapai ridho Allah Ta’ala.

Menjawab Azan

Azan merupakan panggilan dari Allah Subhanahu wa ta’ala untuk menyeru hamba-Nya melakukan salat. Syekh Ali Jaber pun menceritakan kisahnya di saat terpaksa menjawab telepon darurat ketika azan sedang berkumandang. Ia pun bertanya kepada gurunya, apa yang harus dilakukan ketika tidak bisa menjawab azan.

“Saya bertanya kepada guru saya, katanya, ulangi lagi dari awal,” tuturnya.

Menjawab azan merupakan salah satu amalan yang dapat mendatangkan pahala besar. Jadi sebagai umat Islam, ada baiknya hentikan aktivitas sejenak saat azan berkumandang, jawablah, dan baca doa setelah azan.

Salat Subuh

“Ini pahalanya lebih besar daripada dunia dan seisinya,” kata Syekh Ali Jaber.

Jika seseorang belum bisa mengerjakan amalan sunah lainnya, setidaknya usahakan melakukan amalan Salat Subuh. Sebab, itu menjelaskan bahwa pahalanya lebih besar daripada dunia dan seisinya.

Ketika mengerjakan Salat Subuh, otomatis akan selalu bangun pagi. Di sisi lain, bangun pagi memiliki banyak manfaat. Bisa juga berolahraga setelah Salat Subuh untuk menjaga kesehatan tubuh. Wallahu a’lam bishawab.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.