oleh

Mau Lahirkan Anak yang Cerdas? Bacakan 5 Surah Alquran Ini Sejak dalam Kandungan

PortalMadura.Com – Setiap orang tua pasti mendambakan lahirnya seorang anak yang cerdas dan bisa membahagiakan dunia akhirat. Untuk mewujudkan hal ini, orang tua bisa membiasakan diri membaca dan memperdengarkan lantunan ayat-ayat Alquran sejak dalam kandungan.

Pasalnya, memperdengarkan lantunan ayat suci memang biasa dikaitkan dengan meningkatnya kecerdasan otak. Sebagaimana sebuah penelitian dari Muhammad Salim yang dipublikasikan di Universitas Boston menerangkan, bahwa dengan mendengarkan bacaan Alquran dapat memberikan ketenangan sebesar 65%.

Berikut lima surah dalam Alquran yang bisa dijadikan referensi orang tua muslim untuk diperdengarkan kepada sang janin:

Surah Al Fatihah
Surah pembuka dalam Alquran ini merupakan surah yang jika diamalkan oleh seorang ibu hamil maka akan memiliki keutamaan sebagai penerang hati dan daya ingat yang kuat bagi bayi yang dikandung. Memperdengarkan surah Al Fatihah juga bermaksud agar sang bayi tumbuh dengan sehat dan cerdas secara Islami.

Selama mengandung, bacakan sebanyak 3 kali sambil mengusap perut secara perlahan. Meskipun masih berada di dalam perut, bayi juga memiliki sensor sehingga sangat peka terhadap lingkungan sekitarnya.

Surah Luqman
Pada surah Luqman, diceritakan tentang bagaimana Luqman mendidik anaknya. Surah ini juga menjelaskan secara jelas bahwa anak adalah tanggung jawab orang tua dan dididik dengan benar. Untuk itu, bagi para ibu diharapkan untuk membaca surah ini karena dipercaya kelak akan lahir dengan akal dan jiwa yang cerdik serta pandai.

Surah Maryam
Banyak yang mengatakan bahwa dengan membaca atau memperdengarkan bayi surah Maryam maka proses kelahiran akan dimudahkan. Perkataan ini juga didasarkan pada kisah Maryam yang mengasingkan diri yang dicerca masyarakat karena mengandung anak tanpa memiliki suami.

Maryam pun meminta pertolongan kepada Allah agar memperoleh kemudahan dalam melahirkan anaknya. Kisah ini pun menginspirasi bahwa jika ingin memperoleh kemudahan hendaknya membaca surah Maryam selama masa kehamilan.

surat untuk ibu hamil
Ibu Hamil

Surah Yusuf
Seperti yang Anda ketahui, Nabi Yusuf adalah nabi yang memiliki rupa paling elok. Banyak yang percaya jika membacakan surah Yusuf kepada bayi dalam kandungan akan mendapatkan anak yang rupawan seperti nabi Yusuf.

Loading...

Seorang ibu yang sedang mengandung tentu menginginkan yang terbaik bagi anaknya sehingga Allah memilih surah Yusuf untuk diamalkan agar sang Ibu mendapatkan anak yang sesuai dengan keinginannya.

Surah Yasin
Pada surah ini dijelaskan bahwa jika Anda ingin memiliki anak yang tenang hatinya dan jauh dari godaan setan, maka sangat disarankan untuk sering membaca surah Yasin ketika bayi dalam kandungan.

Sebagai manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, Anda harus mempunyai rasa bersyukur saat mendapat anugerah dan selalu sabar dalam kepayahan saat mengandung sehingga Allah menyarankan untuk banyak membaca lima surah di atas.

Sebagai manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, Anda harus mempunyai rasa bersyukur saat mendapat anugerah dan selalu sabar dalam kepayahan saat mengandung sehingga Allah menyarankan untuk banyak membaca lima surah di atas.

Lima surat alquran untuk ibu hamil diatas selain sangat bermanfat untuk umbuh kembang sang jabang bayi, tentu juga bermanfaat bagi sang ibu maupun ayah.

Terutama saat semua surat untuk ibu hamil tidak hanya dibaca, namun juga dipahami dan ditelaah, dan akhirnya kita akan dapat memperoleh faedah.

Sperti keyakinan dan ketegaran yang harus dimiliki seorang ibu yang menghadapi sakitnya proses persalinan yang termaktub dalam QS. Maryam ayat 23-25:

فَأَجَاءَهَا الْمَخَاضُ إِلَىٰ جِذْعِ النَّخْلَةِ قَالَتْ يَا لَيْتَنِي مِتُّ قَبْلَ هَٰذَا وَكُنْتُ نَسْيًا مَنْسِيًّا. فَنَادَاهَا مِنْ تَحْتِهَا أَلَّا تَحْزَنِي قَدْ جَعَلَ رَبُّكِ تَحْتَكِ سَرِيًّا. وَهُزِّي إِلَيْكِ بِجِذْعِ النَّخْلَةِ تُسَاقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّا
“Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia (bersandar) pada pangkal pohon kurma, Dia berkata: “Aduhai, Alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi barang yang tidak berarti, lagi dilupakan. Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: “Janganlah kamu bersedih hati, Sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu”.

Ada juga Doa dalam Surat Maryam adalah doa bagi ibu hamil untuk anaknya agar kelak menjadi anak yang berbakti. adalah sebagai berikut:

وَبَرًّا بِوَالِدَيْهِ وَلَمْ يَكُنْ جَبَّارًا عَصِيًّا

“Dan seorang yang berbakti kepada kedua orang tuanya, dan bukanlah ia orang yang sombong lagi durhaka” (QS. Maryam: 14).


Penulis: Nanik Wijayanti
Editor: Firman Ghazali Akhmadi

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar