oleh

Mau Si Kecil Gemar Menabung? Ini 5 Caranya

PortalMadura.Com – Semua orang tua pasti ingin anaknya menjadi lebih baik dari dirinya. Salah satu cara yang bisa digunakan yaitu mengajarkan anak gemar menabung. Agar kela saat dewasa kebiasaan itu akan terbawa. Sehingga anak menjadi hemat.

Lantas bagaimana cara orang mengajarkan anak untuk gemar menabung? Berikut beberapa caranya:

Diskusikan Keinginan vs Kebutuhan
Langkah pertama dalam mengajari anak-anak menabung adalah dengan membantu mereka membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Jelaskan bahwa kebutuhan mencakup hal-hal dasar, seperti makanan, tempat tinggal, dan pakaian, sedangkan keinginan adalah semua tambahan di luar kebutuhan.

Minta Anak Menghasilkan Uang Sendiri
Memberi anak uang dan kesempatan untuk belajar cara menggunakannya, akan membantu anak untuk jadi penabung. Bunda juga bisa mengajarkannya dengan cara memberikan mereka imbalan saat mereka berhasil menyelesaikan tugas rumah yang diberikan. Hal ini juga membuat mereka belajar tentang kerja keras.

Bantu Mengetahui Tujuan Tabungan
Bagi anak-anak, disuruh menabung tanpa menjelaskan apa manfaatnya, mungkin akan terlihat sia-sia. Membantu anak menentukan tujuan menabung dapat menjadi motivasi untuk mereka. Misalnya, jika mereka ingin membeli mainan seharga Rp 50.000, bantu mereka untuk tahu, bagaimana cara menyimpan uang agar sampai pada nominal itu.

Beri Tempat Khusus untuk Menyimpan
Setelah anak tahu tujuannya menabung untuk apa, maka selanjutnya mereka membutuhkan tempat untuk menyimpan uangnya. Untuk anak kecil, mereka butuh celengan. Untuk anak yang sudah dewasa, Bunda bisa mulai membuka rekening tabungan di bank.

Dengan begini, mereka dapat melihat bagaimana uang mereka bertambah, dan seberapa besar kemajuan yang mereka buat untuk bisa mencapai tujuannya.

Dorong Untuk Melacak Pengeluaran Mereka
Untuk menjadi seorang yang hemat, berarti kita harus tahu ke mana perginya uang. Saat Bunda memberikan uang pada anak, minta mereka mencatat apa saja yang mereka beli dengan uangnya.

Lalu dorong mereka untuk memikirkan tentang bagaimana mereka menggunakan uang untuk belanja dan seberapa cepat mereka melakukan penghematan untuk mencapai tujuan mereka jika mereka mengubah pola pengeluarannya. (haibunda.com/Desy)

Loading...