Mau Tahu Beda Lebarannya Karyawan Sama Anak Kuliahan? Simak Disini!

Avatar of PortalMadura.Com
Mau Tahu Beda Lebarannya Karyawan Sama Anak Kuliahan? Simak Disini!

PortalMadura.Com – Lebaran merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh orang yang menjalankan ibadah Ramadan. Berbagai persiapan mulai disiapkan, diantaranya bikin kue, beli baju baru, atau menukarkan uang menjadi uang baru.

Namun, tahukah kamu itu tadi cuma beberapa hal yang biasa dilakukan sebagian orang saat menjelang hari raya lebaran. Tapi, lebarannya anak kuliahan tentu beda dengan yang sudah kerja. Mau tahu seperti apa saja bedanya? Simak baik-baik berikut ini.

Saat Mudik
Sebelum berangkat mudik, kamu tentu membawa beberapa persiapan terlebih dulu, bukan? Mulai dari memeriksa kondisi kendaraan jika mudik naik kendaraan pribadi, beli tiket jauh-jauh hari agar tidak kehabisan, tidak lupa juga beli oleh-oleh buat yang ada di rumah nanti.

Kalau anak kuliahan, biasanya akan membawa sekaleng kue, kopi sachet, dan beberapa barang sederhana lainnya. Memang sih, nggak bisa beli barang terlalu banyak, karena kan harga-harga barang serba mahal di hari-hari menjelang lebaran. Belum lagi biaya kuliah dan hidup ala anak kos yang butuh perjuangan. Jadi para mahasiswa ini biasanya tidak bisa bawa oleh-oleh terlalu banyak.

Kalau mereka yang sudah punya pekerjaan, biasanya barang bawaannya jauh lebih banyak. Ada oleh-oleh khas daerah, bawa baju baru untuk keluarga di rumah, dan banyak barang-barang lainnya.

Di Hari Lebaran
Di hari lebaran, biasanya kita punya kebiasaan memberi uang saku nih buat adek-adek, sepupu, atau keponakan yang masih kecil. Nah, karena si mahasiswa belum punya pekerjaan, jadi beruntunglah mereka karena nggak perlu ngasih uang saku sama anggota keluarga yang masih kecil-kecil ini. Malah kadang kamu juga kebagian uang saku dari saudara-saudaramu yang lebih tua. Seru kan?

Kalau yang belum kerja bisa bebas dari ngasih uang saku, yang sudah kerja harus siap-siap buat ngasi uang saku. Buat yang sudah kerja, mereka biasanya bersiap-siap beberapa hari sebelum lebaran dengan menukar uang untuk dapat yang lebih baru dan licin. Uang-uang ini yang nantinya dibagi ke anggota keluarga yang masih anak-anak.

Waktu Ngobrol Bareng Keluarga
Waktu ngobrol dan berkumpul bareng keluarga itu momen yang menyenangkan tapi kadang juga bisa bikin galau. Pertanyaan standard yang ditanyakan ke anak kuliah saat ngumpul bareng kerabat adalah, ‘gimana skripsinya?', ‘kapan wisuda', ‘udah punya pacar belum?' dan sejenisnya. Jadi ya siapin mentalmu sebelum ditodong pertanyaan-pertanyaan ini.

Nah, buat yang udah kerja juga nggak bebas dari pertanyaan macam ini. Cuma pertanyaannya sekarang beda, mulai dari, ‘kapan nikah', ‘kapan punya anak', dan seterusnya. Yah yang sabar aja kalau nanti kamu dibombardir dengan pertanyaan-pertanyaan yang nyebelin macam itu.

Jangka Liburan vs Anak Kuliah
Libur lebaran ala karyawan dan anak kuliah juga nggak sama lho. Kalau anak kuliah biasanya punya liburan yang lebih panjang dan kadang malah lebih panjang dari anak sekolah. Pengen tambahan satu atau dua hari tinggal kompakan sama teman sekelas terus nge-lobby dosen. Kalau masih nggak bisa masuk juga kadang bisa titip absen dan kalau ketahuan paling parah kena peringatan dari dosen.

Buat para karyawan harus rela dengan liburan yang cekak. Kalau yang ikut dengan cuti bersama yang diumumkan pemerintah si enak, tapi kalau cuma dapet pas tanggal merah itu yang susah. Karyawan juga nggak boleh melanggar aturan ketat yang dibuat perusahaan. Kalau bolos di hari yang harusnya udah mulai masuk kerja, maka karyawan harus berhadapan dengan masalah seperti gagal naik gaji, atau bahkan kena SP.

THR ala Anak Kuliahan vs Karyawan
THR adalah salah satu hal dari lebaran yang paling ditunggu-tunggu bagi setiap orang. Tapi, THR yang didapat dan cara menggunakan THR ini juga beda-beda buat karyawan dan anak kuliahan. Kalau karyawan, begitu dapet THR biasanya langsung ludes buat beli segala macam keperluan. Mulai dari baju lebaran, nyiapin uang buat para keponakan, nyiapin parsel, dan masih banyak lagi.

Nah, kalau karyawan kan dapet THR dari tempat kerjanya, kalau anak kuliah dapet THR dari dari orang tua, atau hasil galak gampil dari saudara-saudara. Itu pun biasanya juga gak langsung habis, biasanya masih sempat ditabung buat persiapan saat balik ke kampus nanti.

Itu tadi beberapa perbedaan lebaran ala anak kuliahan sama karyawan. (boombastis.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.