Menahan BAB Selama 12 Jam, Ini yang Terjadi pada Tubuh Anda

Avatar of PortalMadura.com
Menahan BAB Selama 12 Jam, Ini yang Terjadi pada Tubuh Anda
Ilustrasi (HonestDocs)

PortalMadura.Com (BAB) merupakan kondisi di mana seseorang membuang kotoran atau tinja yang berasal dari sistem pencernaan. Dengan kata lain, ini menjadi salah satu hal alami yang dilakukan sehari-hari. Tapi, ada keadaan yang kadang memaksa seseorang untuk menahan sementara waktu.

Entah dalam kondisi yang mendesak atau alasan lainnya. Hal ini pasti akan membuat tidak nyaman sendiri. Selain akan menimbulkan sakit perut, terlalu lama bisa menyebabkan masalah kesehatan.

“Pikiran untuk menahan ini bukan merupakan hal yang baik dilakukan,” kata profesor dari Tuoro College dari Pengobatan Osteopathik, Dr.Niket Sonpal, di New York, dilansir dari Women's Health Magazine.

Ketika hasrat buang air menyerang, biasanya seseorang butuh untuk langsung mengeluarkannya di kamar mandi. Namun ketika Anda menahannya, maka bisa terjadi suatu hal pada tubuh Anda.

“Ketika tinja menyentuh bagian rektum, maka akan dikirim signal bahwa kamu membutuhkan untuk ke kamar mandi dan mengeluarkannya,” jelas Sonpal.

Walaupun setiap orang memiliki jadwal dan frekuensi yang berbeda-beda, namun hal ini biasanya terjadi tepat setelah Anda makan atau minum kopi di pagi hari. Kedua hal ini biasanya bisa menjadi stimulan yang mendorong Anda lebih mudah buang air besar.

Menahan BAB Selama Dua Jam

“Bakal sangat susah untuk menahan tinja kamu. Kamu harus menahan otot spinchters,” jelas Sonpal.

“Pada beberapa jam pertama, kamu bakal merasakan tekanan pada pinggul. Beberapa orang menjelaskannya sebagai kram pinggul, namun beberapa orang bakal merasa dorongan yang lebih kuat,” sambungnya.

Dengan kata lain, menahan buang air besar dapat memunculkan perasaan kembung pada perut yang Anda alami.

Setelah Enam Jam

“Tubuhmu bakal mulai terpengaruh oleh tinja yang kamu tahan,” jelas Sonpal.

Pada waktu ini, Anda bakal mulai merasa tidak terburu-buru buang air besar. Hal ini terjadi bukan hanya karena tinja yang hendak Anda keluarkan menjadi hilang, namun karena itu telah berubah menjadi konstipasi.

Setelah 12 jam

“Semakin lama tinja tersebut bertahan, maka dia akan menjadi semakin keras,” jelas Sonpal.

Pada titik ini, Anda bakal mulai menyadari bahwa perut Anda membuncit karena tekanan dan bahkan Anda tidak dapat pura-pura membuatnya rata. Disebabkan oleh tinja yang mengeras di usus, Anda bakal kesulitan ketika buang air besar serta bahkan dapat terjadi ketegangan, pendarahan, dan bahkan rasa sakit.

Yang terjadi jika Anda tetap menahannya,

“Saya belum pernah mendengar ada orang yang meninggal karena menahan BAB. Namun pada orang dewasa, menahannya dapat menyebabkan tinja menjadi mengeras,” jelas Sonpal.

Jika hal ini cukup berefek, Anda bahkan membutuhkan laksatif atau bahkan harus mengeluarkannya secara manual. Oleh karen itu, sebaiknya Anda tidak menahan buang air besar terutama dalam waktu yang lama.

Baca Juga : Suramadu Ditutup! Ada Milenial Road Safety Festival, Polda Jatim Tanggung Tiket …

Walau kadang ada kondisi yang memaksa seseorang untuk buang air besar segera, namun sebaiknya jangan menundanya terlalu lama. Jadikan buang air besar sebagai prioritas Anda terutama untuk menjaga kesehatan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.