oleh

Menatap Layar Ponsel Mata Perih? Atasi Dengan Cara Ini

PortalMadura.Com – Sekarang, ponsel sudah menjadi barang yang bisa dimiliki oleh semua kalangan, mulai dari pejabat, masyarakat biasa, abang becak, pedagang bahkan anak kecil sekarang sudah bisa mengakses yang namanya ponsel.

Bahkan bisa dikatakan, sekarang ponsel sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat. Namun sebagian masyarakat mungkin belum paham apa yang ditimbulkan bila menatap layar ponsel terlalu lama.

Meski tidak ada bukti bahwa menatap layar ponsel menyebabkan masalah mata kronis, namun dalam jangka pendek hal ini bisa memicu mata kering, sakit kepala serta tekanan pada mata.

Seorang profesor oftalmologi di Universitas Pennsylvania Perelman School of Medicine, Dr. Joshua Dunaief, mengatakan, cahaya biru yang keluar dari ponsel bisa jadi merupakan pemicunya.

Nah, Untuk itu Anda bisa mencegah gejala tersebut di atas dengan beberapa hal berikut:

Mengatur mode pengaturan cahaya

“Saya sarankan untuk menurunkan level cahaya. Sebab tidak ada gunanya bila layar terlalu terang. Anda juga bisa membalikkan warna di layar sehingga latar belakang putih menjadi hitam, dan teks hitam menjadi putih. Hal ini dapat mengurangi pekerjaan bola mata,” ujar Dunaief.

Jika tampilan negatif foto bukanlah hal yang Anda inginkan, Dunaief menyarankan untuk mengubah skema warna layar Anda dari biru dan ke arah spektrum yang kuning.

“Ada molekul dari cahaya biru di retina yang membantu mengatur ritme sirkadian tubuh kita,” ia menjelaskan.

Beberapa penelitian menemukan, paparan sinar biru pada ponsel di malam hari dapat menyebabkan insomnia. Penelitian lain juga menunjukkan, sinar biru dapat merusak retina mata.

Menjaga posisi layar

Sebuah studi baru-baru menemukan jarak ideal menatap layar ponsel. Sebaiknya, posisi layar Anda tidak lebih 16 inci dari wajah Anda. Jika Anda merasa sulit untuk membaca pada jarak itu, tingkatkan ukuran teks pada layar Anda.

Menyesuaikan kacamata atau lensa kontak

Seorang anggota fakultas penelitian pascasarjana di Universitas Negeri Kolese Optometri New York, Mark Rosenfield, menekankan pentingnya menyesuaikan kacamata atau resep lensa kontak untuk melihat layar ponsel atau komputer.

Istirahatkan mata dengan aturan 20-20-20

Anda perlu beristirahat sejenak untuk memberi waktu bagi mata saat menatap ponsel terus menerus. Untuk mencegah mata kering dan perih, Rosenfield menyarankan aturan 20-20-20 (Setiap 20 menit, lihatlah sesuatu yang berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik.

Jika Anda sering menatap layar ponsel dalam waktu yang lama, tidak ada salahnya Anda mencoba 4 tips di atas. Selamat mencoba!.(liputan6.com/Desy)



Komentar