oleh

Mendagri Minta Satpol PP Bersikap Humanis

PortalMadura.Com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 440/3929/SJ tentang Penertiban Pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat dan Percepatan Pemberian Vaksin bagi Masyarakat.

Surat edaran tersebut ditandatangani Tito pada 18 Juli 2021 dan ditujukan kepada gubernur, bupati serta wali kota di seluruh Indonesia.

Dikutip dalam situs Sekretariat Kabinet, Senin (19/7/2021), dalam surat edaran itu meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di seluruh daerah di Indonesia mengutamakan langkah humanis dan persuasif dalam pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM Darurat).

Selain itu, Tito juga meminta kepala daerah mengevaluasi secara reguler penertiban pelaksanaan PPKM di wilayahnya untuk mengetahui efektivitasnya menekan penularan kasus Covid-19.

Dia juga meminta kepala daerah membantu masyarakat yang kesulitan secara ekonomi sebagai akibat dampak pandemi Covid-19 dan pelaksanaan PPKM Darurat.

“Antara lain dengan cara memberikan masker, hand sanitizer, bantuan sembako dan suplemen atau makanan sehat, disesuaikan dengan kondisi atau kemampuan keuangan daerah,” jelas Tito dalam surat edaran tersebut.

Tito mendorong kepala daerah untuk mempercepat pemberian vaksin bagi masyarakat dengan cara mengalihkan alokasi kebutuhan vaksin dari kabupaten kota yang kelebihan alokasi.

“Memerintahkan kepada dinas kesehatan untuk tidak menyimpan atau menimbun stok vaksin dan segera menyuntikkan vaksin kepada masyarakat sesuai skala prioritas,” pungkas dia.(*)

Sumber : AA
Editor : Hartono

Komentar