Mengapa Orang yang Sudah Tua Susah Salat?

Avatar of PortalMadura.Com
Mengapa Orang yang Sudah Tua Susah Salat?
ilustrasi

PortalMadura.Com – merupakan tiang agama. Bagi umat Muslim salat lima waktu menjadi kewajiban, apabila dilaksanakan akan mendapat pahala dan jika meninggalkannya tentu berdosa.

Saat ini kebanyakan mengeluh betapa susahnya menyuruh anaknya salat. Berbagai hal dilakukan agar mereka terbiasa melakukan salat. Mulai dari menyuruh, menasehati, mendoakan, bahkan dengan cara yang kasar sekalipun.

Untuk anak-anak mungkin masih bisa dimaklumi jika salatnya masih ‘bolong-bolong' karena dalam tahap belajar. Tapi bagaimana dengan orang dewasa?. Di saat seharusnya sudah sadar akan kewajiban melakukan ibadah.

Mungkin banyak di sekitar kita orang dewasa yang sibuk dengan urusan duniawi. Mereka dengan entengnya meninggalkan salat. Bahkan di saat usia sudah matang, masih juga susah salat. Padahal, mereka tahu bahwa salat adalah kewajiban seorang muslim dan berdosa jika tidak melaksanakannya.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Allah SWT telah menjelaskan dalam firman-firmannya di Alquran tentang orang yang malas salat dan melakukan ibadah lainnya. Allah menyebut mereka adalah orang yang munafik.

“Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk salat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut nama Allah kecuali sedikit sekali” (QS. An-Nisa : 142).

Menyepelekan salat termasuk kemungkaran besar. Dalam ayat lain Allah Ta'ala berfirman.

“Dan tidak ada yang menghalangi mereka untuk diterima dari mereka nafkah-nafkahnya melainkan karena kafir kepada Allah dan Rasul-Nya dan mereka tidak mengerjakan salat, melainkan dengan malas dan tidak (pula) menafkahkan (harta) mereka, melainkan dengan rasa enggan” (QS. At-Taubah : 54)

Ada beberapa sebab yang membuat seseorang susah melaksanakan salat dan ibadah lainnya. Beberapa penyebabnya adalah berasal dari gaya hidup yang jauh pola hidup islami. Misalnya sering melakukan maksiat.

“Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri.” (QS. Asy-Syura:30)

Maksud dari ayat tersebut ialah bahwa Allah Ta'ala telah murka kepada orang-orang yang sering melakukan perbuatan dosa dan maksiat. Dosa-dosa kecil yang sering dilakukan membuat hati jauh dari agama, dan Allah Ta'ala murka kepada orang-orang seperti itu. Allah Ta'ala telah melenyapkan manis dan indahnya iman.

Selain disebabkan karena sering melakukan perbuatan dosa, malas salat juga dapat disebabkan karena orang tersebut sudah lupa akan kematian. (okezone.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.