Mengapa Rasulullah Suka Makan Semangka? Ini Alasannya!

Avatar of PortalMadura.Com
Mengapa Rasulullah Suka Makan Semangka? Ini Alasannya!
ilustrasi

Portalmadura.Com – Bagi masyarakat Indonesia, bukanlah buah yang asing. Justru buah ini terlihat dijual oleh pedagang buah harian ataupun musiman. Bahkan, senang mengonsumsi buah yang satu ini.

Lantas, mengapa Rasulullah sering mengonsumsi buah semangka?. Ternyata, buah merah ini memiliki banyak khasiat yang dahsyat untuk kesehatan.

Diriwayatkan dari Aisyah, dia berkata: “Sesungguhnya Rasulullah sering makan semangka disertai ruthab (kurma basah),” (HR.at-Tirmidzy no.1843,dishahihkan oleh al-Albany dalam Shahih at-Tirmidzy no.1843).

Buah semangka memiliki sifat dingin dan sejuk. Sangat baik dikonsumsi sebelum makan, akan tetapi jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi semangka. Karena, lycopene yang dikandung semangka bisa mengganggu sistem pencernaan jika berlebihan. Misalnya timbul diare, perut kembung, mual hingga muntah.

Rasulullah mengonsumsi semangka disertai kurma muda, karena sifat dingin dan sifat panas yang dimiliki kedua buah ini bisa menyeimbangkan tubuh.

“Kami memecah panasnya ini (kurma muda) dengan dinginnya ini (semangka),” (Sunan Abu Dawud; dinilai shahih oleh Syaikh Al-Albani).

Berikut tujuh manfaat buah semangka secara medis:

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.