Punya Masalah? Ini yang Harus Anda Lakukan

  • Bagikan
galau
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap orang pasti memiliki masalah dalam hidup. Setiap orang pun memiliki sikap tersendiri dalam menghadapi masalah entah itu dengan curhat, menangis, maupun marah. Lantas Bagaimana seharusnya kita bersikap dalam menghadapi masalah dalam Islam? Berikut Penjelasannya.

1. Menyadari diri adalah kepunyaan Allah

Seorang yang beriman pada Allah pastilah menyadari bahwa dirinya adalah milik Allah, tentu saja apa yang terjadi pada dirinya adalah sesuai kehendak Allah bukan kehendak diri pribadi. Jadi, tidak akan ada perasaan protes di hati.

Bila saat menghadapi masalah masih terasa ingin protes, hal tersebut bisa menjadi indikator bahwa kita belum sepenuhnya beriman pada Allah.

“Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali).” (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 155-156)

2. Bersyukur dan bersabar

Seorang yang beriman selalu akan memilih satu di antara dua: Bersyukur, atau bersabar. Dan keduanya adalah kebaikan baginya.

Jika ia menghadapi masalah berupa kenikmatan, maka ia akan bersyukur, sebaliknya jika ia menghadapi masalah berupa kesulitan maka ia akan bersabar.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda : ”Sungguh menakjubkan perkara seorang mukmin, seluruh urusannya penuh dengan kebaikan. Dan itu hanya dimiliki oleh diri orang mukmin saja. Apabila ia memperoleh kenikmatan akan bersyukur, maka kesenangan itu akan menjadi kebaikan buat dirinya. Apabila ia tertimpa musibah, ia akan bersabar, dan musibah itu pun akan menjadi kebaikan buat dirinya”. (HR. Muslim)

3. Introspeksi diri

Seorang yang beriman ketika mendapat masalah sangat mungkin akan segera introspeksi dosa-dosanya sendiri, tidak lantas menyalahkan Allah. Dia akan sadar bahwa kebanyakan musibah berasal dari kesalahan sendiri.

Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu). (QS. Asy Syuura : 30)

Itulah beberapa sikap yang seharusnya kita lakukan dalam menghadapi masalah sebagai orang yang beriman. Marilah kita sama-sama membenah diri menjadi lebih baik, dan semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita. Amin. (ummi-online.com/Nanik)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.