Mengenal BINUS ONLINE: Solusi Kuliah Online Tanpa Batas

Avatar of hartono
Mengenal BINUS ONLINE: Solusi Kuliah Online Tanpa Batas
Potret perlengkapan keperluan kuliah online (Sumber : BINUS Media & Publishing)

PortalMadura.Com – BINUS ONLINE menyediakan program sarjana (S1) yang sepenuhnya dilaksanakan secara online melalui sistem Learning Management System (LMS), sebuah platform e-learning untuk memfasilitasi proses pembelajaran jarak jauh.

LMS dirancang bagi yang menginginkan fleksibilitas dalam belajar terikat ruang dan waktu, memungkinkan semua kegiatan belajar mengajar dan tugas-tugas kuliah dilakukan secara online.

Dengan lima jurusan yang ditawarkan, termasuk Akuntansi dan Teknik Informatika, BINUS ONLINE menawarkan pengalaman kuliah online yang setara dengan pendidikan konvensional. Lulusannya pun mendapatkan ijazah resmi sama seperti lulusan program reguler BINUS UNIVERSITY, tanpa label “online”. Mahasiswa BINUS ONLINE juga berhak menggunakan fasilitas universitas seperti Perpustakaan (LKC) dan Student Service Center (SSC).

Pembelajaran Online Melalui Learning Management System

Dengan biaya semesteran sekitar Rp 14.700.000, BINUS ONLINE menawarkan pendidikan berkualitas dengan biaya yang relatif terjangkau. Keunggulan LMS memungkinkan mahasiswa untuk mengakses materi kuliah, mengerjakan tugas, dan berinteraksi dengan dosen serta sesama mahasiswa dari mana saja, menjadikan proses belajar lebih efisien.

LMS juga dilengkapi dengan fitur course room dan team room, yang memudahkan kerja kelompok dan interaksi antar mahasiswa, memastikan bahwa walaupun belajar secara online, mahasiswa tetap dapat membangun jaringan dan persahabatan.

Selain itu, selama sembilan minggu, perkuliahan online akan mencakup penyampaian materi, diskusi forum antar-mahasiswa, dan upload tugas kelompok atau individu. Kemudian pada minggu kesepuluh, akan ada sistem tatap muka. Lalu, pada minggu kesebelas, akan diadakan review dan ujian.

Telah Terbukti Kualitasnya

Sudah berjalan cukup lama, tentu pembelajaran BINUS ONLINE tidak perlu diragukan lagi. Beberapa prestasi dan penghargaan sudah diraih oleh BINUS ONLINE. Salah satunya adalah meraih rekognisi 5 Stars Online Learning dari QS Stars.

Anugerah E-Pendidikan 2009 untuk e-learning dengan kategori Inovasi dan Kreativitas, Kualitas Bahan Pembelajaran, dan Penggunaan Bahasa Indonesia. Penghargaan tersebut diperoleh dalam ajang International Symposium on Open, Distance, and eLearning (ISODEL) 2009.

Sistem Pembelajaran Global Metode pembelajaran berbasis online dengan LMS membuat mahasiswa di BINUS ONLINE bisa melakukan pembelajaran tanpa dibatasi waktu dan tempat. Mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah dan negara pun bisa mengikutinya. Selain itu, dosen-dosen pengajar bahkan tidak hanya berada di Jakarta, tetapi juga akan hadir dosen yang sedang berada di luar negeri.

Kuliah S1 online BINUS ONLINE menjadi jawaban dari permasalahan banyak orang yang memiliki kesibukan, namun tetap ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan.

Kualitasnya tidak jauh berbeda dari kampus biasa pada umumnya. Bahkan penerapannya menjadi lebih efektif karena mahasiswa tidak perlu menghabiskan waktu untuk perjalanan dari rumah ke kampus, mengingat pembelajaran online ini bisa dilakukan di mana saja.

Ingin Lulus S1 Lebih Cepat?

Bagi calon mahasiswa yang telah memiliki pengalaman kerja selama lebih dari tiga tahun, calon mahasiswa dapat mendaftar BINUS ONLINE melalui jalur RPL / Pengakuan Pengalaman Kerja. Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) adalah penyetaraan akademik atas pengalaman kerja dan/atau pelatihan bersertifikasi untuk memperoleh kualifikasi pendidikan tinggi di berbagai Program Studi BINUS ONLINE. RPL merupakan implementasi pembelajaran sepanjang hayat (life-long learning) untuk meningkatkan jumlah angkatan kerja terdidik dan berkeahlian.

RPL memberikan kesempatan yang lebih luas bagi masyarakat yang telah berpengalaman kerja untuk mendapatkan pendidikan tinggi. Melalui asesmen, capaian pembelajaran yang diperoleh dari pengalaman kerja dan/atau pelatihan bersertifikasi ditetapkan menjadi raihan satuan kredit semester (sks) dalam bentuk mata kuliah. Jumlah maksimal mata kuliah yang bisa diperoleh adalah 15 mata kuliah.

Kekurangan kredit selanjutnya dipenuhi melalui pelaksanaan perkuliahan sesuai dengan kurikulum Program Studi BINUS ONLINE.

Direktur BINUS ONLINE, Prof. Dr. Ir. Harjanto , M.M, menyampaikan bahwa pada era digital yang kian pesat saat ini, diperlukan berkualitas yang mampu beradaptasi dalam era yang dinamis. Meski begitu, diperlukan fleksibilitas agar SDM mampu meningkatkan keterampilan dan kariernya tanpa terhambat jarak dan waktu.

“Sistem pembelajaran dan fasilitas yang diberikan kepada peserta sudah dirancang sedemikian rupa sehingga kualitas lulusan benar-benar terjamin dan mampu hadir menjawab tantangan industri serta menjadi solusi dalam peningkatan kariernya. Lulusan diharapkan untuk terus menjadi lifelong learner dan memberikan dampak luas dalam membina dan memberdayakan Nusantara” Ungkap Prof. Harjanto

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.