oleh

Mengenal Kepribadian dari Media Sosial

PortalMadura.Com – Dalam diri seseorang ada istilah kepribadian Ekstrovert dan Introvert, istilah ini pertama kali di kemukakan oleh psikolog Curl Jug.

Kepribadian Ekstrovert didefinisikan sebagai orang-orang yang senang berinteraksi diantara banyak orang, umumnya orang yang Ekstrovert memiliki keinginan yang lebih kuat terhadap sesuatu yang baru.

Sementara Introvert pada umumnya didefinisikan sebagai orang-orang yang lebih suka menyendiri dan tidak suka sesuatu yang baru. Orang-orang Introvert bukannya anti sosial, hanya saja mereka merasa lebih cocok berada di lingkungan yang kecil.

Salah satu cara untuk mengetahui apakah kita termasuk salah satu diantara kepribadian tersebut yakni dapat dilihat dari kebiasaan kita di media sosial. Kesukaan kita terhadap media sosial tertentu dan cara berinteraksi di dalamnya ternyata bisa menunjukkan tipe kepribadian kita, berikut ulasannya yang dilansir dari laman Kompas.Com.

Media sosial atau situs

Bagi kaum Ekstrovert mereka akan cenderung mencari informasi melalu situs yang berisi isu-isu terkini, sedangkan Introvert cenderung mencari tau apa yang mereka mau baca dan tidak peduli tentang isu yang beredar saat itu.

Frekuensi mengecek media sosial

Orang-orang Ekstrovert bisa saja tidak suka atau ketika orang lain tidak menyukai atau berkomentar pada hal yang mereka unggah, ini menjadi salah satu penanda mereka dihargai dan diakui. Sedangkan introvert, mereka bisa saja mengunggah status atau pernyataan kemudian pergi begitu saja dan tidak peduli komentar orang lain.

Cara merespons informasi di Media Sosial pribadi

Bagi mereka yang Esktrovert cenderung memperhatikan pada kolom komentar terlebih dahulu di media sosial mereka sebab mereka yakin orang lain mendengarkan pandangan mereka. Sedangkan mereka yang Introvert lebih menyukai membaca informasinya terlebih dahulu baru masuk ke sesi komentar. Bahkan mereka sangat jarang memperhatikan komentar.(*)

Rewriter : Raudatul Fitrah
sumber : Kompas.Com
Tirto.ID
Loading...

Komentar