oleh

Mengenal Royal Jelly dan 7 Cara Memanfaatkannya untuk Kulit

PortalMadura.Com – Banyak orang beranggapan bahwa lebah hanya bisa menghasilkan madu yang biasa dikonsumsi oleh manusia. Tapi siapa sangka, ternyata jenis serangga ini tidak hanya memperoleh madu melainkan juga propolis, bipolen, serta royal jelly.

Di antara beberapa hal itu, pernahkah Anda mendengar istilah royal jelly?. Perlu Anda tahu, royal jelly merupakan produk sekresi yang dihasilkan lebah madu sebagai makanan. Di dalamnya mengandung banyak nutrisi dan bisa bermanfaat bagi seseorang, khususnya untuk kecantikan.

Lalu, apa saja manfaat royal jelly untuk kecantikan?. Yuk simak penjelasannya seperti dilansir Merdeka.com, yang dikutip dari situs kecantikan Style Craze.

Khasiat Royal Jelly

Menurut Education and Training Mangae Beauty Jafra Cosmetics Indonesia, Cahyani Prajaningrum, royal jelly sangat berkhasiat bagi kulit. Manfaat utamanya adalah mengatasi penuaan.

“Karena betul-betul dari alam, untuk manusia manfaatnya luar biasa. Vitaminnya sangat lengkap untuk seluruh tubuh. Di beberapa penelitian, royal jelly bisa membantu memperbaiki pertumbuhan sel-sel baru dalam tubuh,” ujar Cahyani.

Cahyani juga menjelaskan, bahwa royal jelly adalah produk lebah yang hanya disantap oleh ratu lebah dan larvanya. Produk sekresi lebah madu ini berkhasiat meningkatkan ketahanan kulit dari bakteri dan polusi. Berdasarkan penelitian juga, royal jelly mampu membuat kulit nampak 5-7 tahun lebih muda.

Cara Memanfaatkan Royal Jelly

Selain Anda mengetahui manfaatnya, Anda tentu juga perlu tahu bagaimana cara mendapatkan khasiat kecantikan dari royal jelly. Mau tahu?. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba:

1. Konsumsi Langsung

Untuk mendapatkan khasiat royal jelly, Anda bisa mengonsumsinya secara langsung. Caranya, minum satu sampai tiga sendok makan sehari atau bisa juga dilarutkan dengan menggunakan air.

2. Kondisioner Alami

Royal jelly mengandung pelembap alami yang bisa dimanfaatkan untuk melembutkan rambut dari ujung rambut atau dari akar hingga ujung. Cara pengaplikasiannya, gunakan royal jelly sebagai kondisioner rambut setelah keramas.

3. Jadikan Scrub Bibir

Dapatkan bibir halus dan lembut dengan rutin melakukan scrub. Salah satu scrub yang bisa Anda coba yaitu dari royal jelly. Caranya cukup mudah, siapkan satu sendok royal jelly, campurkan dengan beberapa tetes air lemon dan satu sendok makan gula pasir. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan selama dua minggu sekali.

4. Gunakan sebagai Vitamin Kuku

Selain berkhasiat bagi bibir, nutrisi dalam royal jelly juga bisa dimanfaatkan untuk merawat kuku. Campurkan royal jelly dan cuka apel dengan perbandingan yang sama. Aplikasikan pada kuku. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan perawatan ini minimal seminggu sekali.

Baca Juga : Selain Melembabkan Kulit, Ini 5 Manfaat Lain dari Petroleum Jelly

5. Manfaatkan untuk Perawatan Kantung Mata

Apakah Anda salah satu orang yang memiliki kantung mata?. Royal jelly juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi lingkaran hitam di area sekitar mata, lho. Mudah saja, cukup oleskan royal jelly pada kantung mata dan diamkan selama 20 menit sebelum wajah dibilas dengan air dingin.

6. Gunakan sebagai Aftershave Lotion

Kembalikan kelembapan kulit setelah bercukur dengan menggunakan royal jelly sebagai aftershave lotion. Aplikasikan pada kulit yang baru dicukur, kemudian diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas kulit dengan air dingin.

7. Olah menjadi Masker Wajah

Ingin kulit wajah halus dan bersinar?. Manfaatkan royal jelly. Padukan dengan yogurt dan putih telur (pilih telur segar untuk mencegah risiko kontaminasi bakteri salmonella), kemudian aplikasikan pada wajah. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas wajah dengan air hingga bersih.

Demikian beragam manfaat royal jelly untuk kecantikan dan cara memanfaatkannya. Semoga bermanfaat.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE