oleh

Mengucapkan Salam Ketika Masuk Rumah, Ini Keutamaannya dalam Islam

PortalMadura.Com – Mengucapkan salam dalam Islam merupakan hal yang baik bagi si pengucap ataupun orang yang dituju.

Dalam Islam, salam merupakan doa. Jika ia disampaikan dengan pelafalan yang tepat dan dijawab dengan sedemikian rupa, maka keselamatan akan melindunginya. Wallahu A’lam.

Salam bisa kita ucapkan saat bertemu orang dijalan atau memasuki rumah sendiri ataupun rumah orang lain (bertamu). Anjuran ini pasti memiliki keutamaan tersendiri yang akan diperoleh oleh orang yang mengucapkannya. Setidaknya, ada tiga keutamaan mengucapkan salam ketika memasuki rumah.

Pertama, rumah tersebut akan dijauhkan dari setan. Para ulama mengatakan bahwa salam termasuk bagian dari zikir kepada Allah dan setiap orang yang memasuki rumahnya dengan berzikir kepada Allah, maka dia tidak akan disertai setan, juga rumahnya tidak ditempati setan. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Imam Muslim dari Jabir bin Abdullah berikut;

“Jika seseorang masuk rumahnya dan menyebut nama Allah ketika memasukinya dan ketika makan, maka setan berkata, ‘Kalian (para setan) tidak mendapatkan tempat menginap dan makanan.’ Namun jika seseorang masuk rumahnya dan tidak menyebut nama Allah ketika memasukinya, maka setan pun berucap, ‘Kalian mendapatkan tempat menginap.’ Apabila seseorang tidak menyebut nama Allah ketika hendak makan, maka setan pun berkata, ‘Kalian mendapatkan tempat menginap dan makan.’”

Kedua, akan mendapatkan keberkahan dan kebaikan dari Allah. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam firman Allah dalam surah al-Nur ayat 61 berikut;

Loading...

“Maka apabila kalian memasuki rumah-rumah, maka hendaklah kalian memberi salam kepada atas diri kalian sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkah lagi baik.”

Juga disebutkan dalam hadis riwayat Imam Tirmizi dari Anas bin Malik, dia berkata bahwa Nabi saw pernah berkata kepadanya;

“Wahai anakku, jika kamu masuk ke rumah keluargamu, maka ucapkanlah salam, dengan demikian keberkahan akan meliputimu dan keluargamu.”

Ketiga, mendapatkan perlindungan Allah dari bahaya dan bencana. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Imam Abu Daud dari Abu Umamah al-Bahili, dia berkata bahwa Nabi saw bersabda;

“Ada tiga kelompok orang yang berada dalam jaminan Allah, yaitu orang yang berangkat perang untuk berjihad di jalan Allah, maka dia berada dalam jaminan Allah hingga Dia mewafatkannya dan memasukkannya ke surga atau dia pulang membawa pahala dan ghanimah, dan orang yang pergi menuju masjid, maka dia berada dalam jaminan Allah hingga Dia mewafatkannya dan memasukkannya ke surga atau dia kembali dengan membawa pahala dan ghanimah, dan orang yang masuk ke rumahnya dengan mengucapkan salam, maka dia pun berada dalam jaminan Allah.”

Itulah tiga keutamaan mengucapkan salam ketika akan memasuki rumah. Selain bermanfaat bagi diri sendiri, juga bermanfaat bagi orang yang dituju. Maka dari itu, jangan ragu untuk memberikan salam ketika kita masuk kedalam rumah sendiri atau saat bertamu, sampaikanlah dengan benar dan lengkap, dan jawablah dengan sedemikian rupa. Semoga bermanfaat, Wallahu A’lam.


Rewriter : Agnes Hafilda Kusuma
Sumber : bincangsyariah.com
whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar