oleh

Meniran, Obat Mujarab Atasi Penyakit Ayan dan Malaria

PortalMadura.Com – Bagi Anda yang suka dengan tanaman herbal, pasti tidak asing dengan tumbuhan yang satu ini, daun meniran. Meniran merupakan tumbuhan yang memiliki bentuk batang bulat dan basah, dengan tinggi yang kurang dari 50 cm. Daunnya berbentuk sirip genap, dimana dalam setiap tangkainya, memiliki daun majemuk dan berbentuk lonjong.

Meskipun tergolong tumbuhan semak, namun jangan anggap enteng Meniran karena sejatinya, tanaman ini memiliki khasiat dan manfaat untuk pengobatan berbagai jenis penyakit, salah satunya mengobati penyakit ayan dan malaria.

Tanaman ini sangat kaya akan akan berbagai kandungan kimia, antara lain: phyllanthin, hypophyllanthin, niranthin, nirtetrali, nirurin, nirurinetin, norsecurinine, phyllanthenol, phyllnirurin, phylltetrin, quercitrin, quercetin, ricinoleic acid, rutin, salicylic acid methyl ester, garlic acid, ascorbic acid, hinokinin, hydroxy niranthin, isolintetralin, dan isoquercetin.

Selain itu, meniran kaya akan senyawa flavonoid, antara lain phyllanthin, hypophyllanthin, qeurcetrin, isoquercetin, astragalin, dan rutin. Minyak bijinya mengandung beberapa asam lemak seperti asam ricinoleat, asam linoleat, dan asam linolenat yang sangat berguna untuk mengatasi berbagai penyakit. Berikut beberapa cara meracik ramuan menggunakan meniran.

Sakit Malaria
Malaria juga bisa diusahakan penyembuhannya dengan air rebusan Meniran. Anda cukup menyiapkan beberapa batang Meniran, bunga Cengkeh dan Kayu manis. Cuci semua bahan tersebut. Kemudian, tumbuk sampai halus dan rebus sampai mendidih. Saring dan minumlah sebanyak 2 kali sehari.

Sakit Ayan
Kalau ada di antara keluarga yang sering terkena penyakit ayan atau bahkan Anda sendiri, Meniran bisa menjadi solusi pengobatannya. Caranya, cuci bersih belasan batang Meniran.

Kemudian, rebuslah dengan beberapa gelas air sampai akhirnya mendidih. Setelah itu, saringlah dan hasilnya diminum sebanyak ¾ gelas selama 3 hari berturut-turut.

Dengan mengonsumsi meniran yang berfungsi sebagai immunomodulator, sistem kekebalan tubuh akan dipacu dan proses kesembuhan akan terjadi lebih cepat.(deherba.com/choir)


Tirto.ID
Loading...

Komentar