Menu Kamis: Resep Sambal Matah Khas Bali yang Lezat

Avatar of PortalMadura.com
Menu Kamis: Resep Sambal Matah Khas Bali yang Lezat
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Kuliner nusantara kaya akan berbagai jenis sambal. Di mulai dari sambal balado, ijo, bajak, matah, dan masih banyak lagi yang lainnya. Rasa yang khas menjadi tidak lengkap apabila makan tanpa memakai sambal.

Nah, untuk saat ini salah satu jenis sambal yang menjadi favorit banyak orang adalah sambal matah. Salah satu dari sambal ini merupakan khas yang berasal daro Bali. Rasa yang segar dari aroma rempahnya yang mampu bikin orang ingin memakannya.

Sambal matah juga mudah untuk membuatnya, Anda penasaran bagaimana caranya?. Dilansir dari laman Merdeka.com, Kamis (16/4/2020). Berikut resepnya:

Bahan-bahan:

10 buah cabai rawit
3 lembar daun jeruk
3 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 batang serai
Terasi secukupnya
Garam secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Baca Juga: Resep Rogan Josh, Masakan Ala India yang Pedas dan Berempah

Cara Membuat Sambal Matah:

Rajang halus daun jeruk, serai yang diambil bagian putihnya saja, lalu, bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit. Kemudian, bumbui bahan-bahan yang sudah dirajang dengan terasi dan garam.

Setelah itu, tuangi sedikit minyak panas dari sisa menggoreng ayam, dan sambal matah siap untuk disajikan dengan nasi putih hangat dan juga berbagai lauk kesukaan Anda. Mudah bukan?. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.