oleh

Menu Minggu, Resep Cara Buat Pindang Tulang Iga Khas Palembang

PortalMadura.Com – Salah satu menu makanan dari Palembang yang perlu Anda coba yaitu masakan berkuah dengan menggunakan tulang iga sehingga enak digigit dan disesap.

Pindang tulang iga memang sangat cocok untuk disantap ketika saat cuaca dingin atau hujan. Menu masakan ini bisa Anda coba langsung di rumah Anda. Dilansir PortalMadura.com, Minggu (12/4/2020), dari laman Merdeka.com. Berikut tata cara pembuatannya:

Bahan-bahan:

1 kg tulang iga sapi
2 lembar daun salam
2 batang serai, memarkan
2 lembar daun jeruk
2 sendok makan kecap manis
1 buah tomat, potong jadi beberapa bagian
Daun kemangi secukupnya

Bumbu Tumis:

3 siung bawang putih, iris tipis
3 siung bawang merah, iris tipis
3 buah cabai rawit, kerat-kerat
1 ruas lengkuas, memarkan
2 ruas jahe, memarkan
3 dari 4 halaman

Baca Juga: Resep Lontong Kupang Khas Sidoarjo Paling Lezat

Bumbu Halus:

4 siung bawang putih
4 siung bawang merah
4 buah cabai merah
4 buah cabai rawit
2 ruas kunyit

Cara Membuat Pindang Tulang Iga:

Pindang tulang iga rendam terlebih dahulu supaya darah yang ada di dalamnya terus keluar. Tiriskan. Masak dengan menggunkan presto dengan air secukupnya selama 30 menit agar empuk. Tiriskan dari air rebusan.

Sambil lalu, tumis bumbu hingga matang, masukan sedikit garam. Aduk hingga merata sebentar dan masukan bumbu halus. Lalu, tumis hingga harum. Kemudian, masukan bumbu utuh dan tumis bumbu hingga matang.

Setelah itu masukan tulang iga dan air secukupnya, masukan gula garam secukupnya, tunggu hingga bumbu meresap dan sedap. Setelah itu, masukan tomat dan daun kemangi, aduk hingga merata.

Jangan lupa, lakukan koreksi rasa. Jika sudah sesuai selera Anda, segera angkat dari kompor. Pindang tulang iga khas Palembang siap untuk dinikmati. Nikmati menu ini dalam keadaan hangat agar semakin nikmat. Selamat Mencoba!

Rewriter : Azizah
Sumber : Merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar