Menu Sahur : Acar Timun dan Wortel Gurih Bikin Nagih

Avatar of PortalMadura.com
Menu Sahur : Acar Timun dan Wortel Gurih Bikin Nagih
Ilustrasi

PortalMadura.Com timun dan wortel sebagai pelengkap makanan cara membuatnya tidaklah sulit. Acar timun ini seringkali disajikan bersama nasi goreng, sate kambing atau masakan lainnya, yang juga cocok menjadi pelengkap Anda dirumah. Cita rasa asam, asin, dan manis memberi sensasi gurih dan segar saat dimakan, sebab acar berisi timun dan wortel sebelumnya direndam bersama cuka dan air garam.

Cara membuatnya cukup sederhana, bahan yang digunakan pun mudah didapat. Anda tidak perlu waktu yang lama untuk menghidangkannya di waktu sahur. Berikut resep acar timun dan wortel yang dilansir dari laman Liputan6.Com, Minggu (17/5/2020).

Bahan-bahan
4 buah mentimun
2 buah wortel
3 butir bawang merah
1/2 sendok garam
2 sendok gula pasir
11/2 sendok cuka
2 lembar daun salam
2 iris lengkuas
500 ml air
65 ml santan instan

Bumbu Halus
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 butir kemiri
1/4 sendok ketumbar
5 cm kunyit
2 sendok minyak goreng

Langkah-langkah
Pisahkan biji timun dari dagingnya, iris timun, wortel dan bawang merah yang sudah di kupas dan dicuci bersih. Campur bawang merah iris, timun iris, wortel iris, gula, garam dan cuka, aduk rata dan diamkan selama 15 menit. Untuk bumbu halus, haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, ketumbar yang telah disiapkan dan tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun salam dan lengkuas. Masukkan acar, aduk rata, tumis hingga setengah layu, Tuang air dan santan secukupnya dan tunggu sampai mendidih. Acar siap dihidangkan dan selamat mencoba.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.