oleh

Menu Sarapan Sehat, Granola Memiliki Banyak Manfaat Untuk Tubuh

PortalMadura.Com – Granola adalah salah satu sereal sehat yang kerap dijadikan pilihan untuk sarapan pagi. Umumnya granola merupakan campuran dari oats, kacang-kacangan, biji-bijian, buah kering, rempah-rempah, dan pemanis, seperti madu atau gula.

Banyaknya manfaat granola dan kemudahan penyajiannya membuat makanan ini digemari oleh banyak orang. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Selasa (2/3/2021), berikut manfaat granola unutk kesehatan:

Selamat Ibadah Puasa

Mengurangi Risiko Obesitas

Granola terbuat dari bahan-bahan yang tinggi protein dan serat, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian. Kandungan protein dan serat yang tinggi ini dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Menjaga Kesehatan Usus

Bahan-bahan tinggi serat pada granola, seperti oats, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah kering, dapat membantu menjaga kesehatan usus dengan cara melancarkan buang air besar dan meningkatkan produksi bakteri sehat pada usus.

Melawan Radikal Bebas

Bahan seperti parutan kelapa kering, biji-bijian, dan kacang-kacangan dalam granola mengandung banyak nutrisi yang memiliki sifat antioksidan, misalnya selenium dan vitamin E. Antioksidan ini membantu mengurangi kerusakan sel-sel tubuh dengan cara menetralkan kadar radikal bebas berlebih.

Menjaga Kesehatan Jantung

Granola berbahan dasar oats yang mengandung beta glukan yang berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Beta glukan adalah sejenis serat yang bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol dan lemak jahat dalam darah, yaitu dua kondisi yang meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar