oleh

Menu Takjil: Resep Sup Buah Kuah Santan yang Segar dan Nikmat

PortalMadura.Com – Ketika umat Muslim di seluruh dunia merayakan Bulan Suci Ramadan dengan menjalankan puasa selama satu bulan penuh, biasanya berbagai hal mereka persiapkan. Seperti mempersiapkan menu buka puasa dan sahur.

Termasuk bagi penduduk Indonesia yang beragama Islam dan sedang berpuasa, menjelang bedug magrib tiba, berbagai hidangan untuk buka puasa disajikan. Umumnya, rasa makanan atau minuman tersebut manis atau segar seperti kurma, kolak, teh manis hangat, hingga sup buah.

Berbagai macam varian sup buah bisa Anda buat dengan mudah, dengan bahan-bahan yang gampang ditemukan dan dijual di sekitar Anda. Salah satunya seperti resep sup buah kuah santan. Lantas, bagaimana cara membuatnya?.

Berikut resep sup buah kuah santan:

Bahan-bahan:

Buah pepaya matang
100 gram buah kelengkeng. Kupas kulitnya, buang bijinya kemudian belah menjadi dua bagian
2.100 gram kolang kaling
200 gram buah avokad yang sudah matang
150 gram buah melon
150 gram buah nangka matang, iris dan dipotong
Buah strawberry secukupnya sesuai selera.
Jelly secukupnya
Degan, ambil dagingnya
Es serut secukupnya sesuai selera
Sirup merah rasa coco pandan secukupnya sesuai selera.

Baca Juga: Menu Buka Puasa: Resep Beef Shawarma Wrap Super Lezat

Bahan kuah sup buah santan:

Santan asli dari parutan 1 buah kelapa kurang lebih sebanyak 1/2 liter saja.
Tepung maizena kurang lebih sebanyak 1 sendok makan dan air kurang lebih sebanyak 1 sendok makan juga yang dicampur menjadi satu.
Daun pandan segar supaya harum aromanya, kurang lebih sebanyak 2 sampai 3 pcs.
Garam dapur kira-kira 1/2 sendok teh

Cara membuat sup buah kuah santan:

Cuci dan kupas, kemudian potong semua buah yang sudah dipersiapkan dan sisihkan. Masukan ke dalam lemari kulkas supaya dingin. Berikutnya, buat kuah santannya. Tuang santan ke dalam panci dan rebus dengan api kecil saja.

Sambil tetap diaduk tuang garam dapur bersama daun pandan yang sudah disimpul, kemudian aduk sampai mendidih. Setelah mendidih tuang larutan tepung maizena dan airnya, lalu aduk-aduk kembali sampai mendidih dan kental, kemudian matikan serta sisihkan.

Setelah saus sup buah santannya sudah dingin, siramkan di atas buah bersama dengan sirup dan es serut sesuai selera. Sup buah kuah santan siap dihidangkan untuk buka puasa.


Rewriter : Salimah
Sumber : liputan6.com

Komentar