Menumbuhkan Keberanian Pada Anak Sejak Dini

Avatar of PortalMadura.com
Menumbuhkan Keberanian Pada Anak Sejak Dini
Ilustrasi (nova.grid.id/nova.id)

PortalMadura.Com – Sebagai orangtua, pasti ingin memiliki anak yang berani dan tidak mudah takut pada sesuatu yang memang seharusnya tidak perlu kita takuti. Namun, tahukah Anda bahwa untuk menumbuhkan keberanian pada diri anak memerlukan sebuah proses dan waktu yang tidak sebentar. Tentu saja semuanya terletak pada pola asuh kita yang mendukung pula penanaman nilai-nilai keberanian pada diri anak. Oleh karena itu, dasar-dasar mental yang berani dan tidak mudah takut harus diajarkan sejak dini.

PortalMadura.Com telah merangkum beberapa cara melatih mental Tangguh anak agar menjadi berani dan tidak mudah takut. Dilansir dari laman Popmama.Com, Kamis (4/6/2020).

Beri Motivasi Pada Anak
Memberi motivasi pada anak tentu ada seni-nya dimana perlakuan pada masing-masing anak dapat berbeda. Anda terlebih dahulu harus mengetahui kepribadian anak dengan begitu akan lebih mudah memberinya motivasi. Ucapkanlah kalimat positif yang dapat membangkitkan keberaniannya.

Menggali Potensi Anak
Anak-anak biasanya menyenangi kegiatan yang berkaitan dengan apa yang disukainya. Oleh karena itu Anda perlu menggali lebih dalam potensi anak.

Beri Kesempatan Pada Anak Untuk Mencoba Hal Baru
Ajarkan pada anak untuk tidak takut mencoba hal baru. Tanamkan rasa percaya diri pada anak sehingga ia akan lebih berani mencoba sesuatu yang baru. Rasa percaya diri akan membuat anak lebih siap dalam menghadapi segala tantangan yang akan dihadapinya di masa mendatang.

Beri Tanggung Jawab
Salah satu cara menumbuhkan keberanian pada anak adalah dengan memberinya sebuah tanggung jawab. Anda bisa memintanya melakukan pekerjaan rumah tertentu secara rutin setiap harinya. Misalnya menyapu dan membersihkan halaman, membersihkan kamar atau mengelap kaca. Dengan tanggung jawab tersebut sifat berani anak akan tumbuh dan anak menjadi lebih percaya diri.

Jangan Lupa Apresiasi
Apabila anak mampu melakukan tanggung jawab dengan baik, jangan lupa untuk memberinya apresiasi. Apresiasi tidak selalu dalam bentuk hadiah tetapi dapat berupa pelukan, ciuman maupun pujian. Hal tersebut memang terkesan sederhana akan tetapi bisa sangat membekas pada benak si Kecil.

Bangun Hubungan Dan Komunikasi Yang Baik
Sebagai orang tua dan anak sudah semestinya memiliki hubungan yang baik satu sama lain. Hubungan yang baik tersebut hanya dapat terwujud apabila ada komunikasi yang baik pula. Ajarkan pada anak untuk selalu terbuka dalam segala aspek dan menceritakan rutinitas sehari-hari. Dengan begitu Anda dapat menilai bagaimana anak dalam membangun hubungan dengan teman, guru dan keluarga lainnya.

Memberi Contoh
Agar efektif dan efisien dalam meningkatkan keberanian anak, maka Anda perlu menjadi contoh yang baik baginya. Anda dapat mencoba hal-hal baru bersama anak maupun kegiatan lain yang belum diketahui anak bahwa Anda dapat melakukannya. Dengan kegiatan yang Anda hadirkan tentunya anak akan senang dan lebih percaya diri melakukan hal-hal yang belum pernah ia lakukan sebelumnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.